Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bank Danamon 2021 Tumbuh 56 Persen Jadi Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 16/02/2022, 20:19 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun lalu. Ini terefleksikan dari realisasi pertumbuhan laba bersih perusahaan.

Presiden Direktur Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, sepanjang tahun lalu perusahaan membukukan laba bersih setelah pajak konsolidasi sebesar Rp 1,6 triliun. Capaian ini tumbuh 56 persen secara tahunan (year on year).

Baca juga: Kode Bank Danamon untuk Keperluan Transfer

Pertumbuhan laba itu selaras dengan pertumbuhan kredit di segmen enterprise banking Danamon, yang terdiri dari perbankan korporasi dan komersial serta lembaga keuangan, yang naik 6 persen mencapai Rp 58 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sebagai bagian dari MUFG, bank terbesar di Jepang dan salah satu lembaga keuangan terkemuka di dunia, kami dapat memanfaatkan kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani para nasabah kami," ujar dia, dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Saat Bank Memulai Rencana Ekspansi ke Metaverse...

Kenaikan kredit itu diikuti dengan perbaikan kualitas kredit perusahaan. Tercatat rasio kredit macet atau NPL turun menjadi 2,7 persen.

"Dan didukung dengan NPL coverager ratio yang paling tinggi sepanjang sejarah Danamon, yaitu sebesar 225,6 persen," kata Direktur Keuangan Bank Danamon, Muljono Tjandra.

Baca juga: Digiserve by Telkom Indonesia, Layanan Konektivitas untuk Perbankan hingga Pemerintahan

Dalam bidang pembiayaan otomotif, anak perusahaan Danamon, Adira Finance, mencatatkan pembiayaan sebesar Rp 40 Triliun pada tahun 2021.

Pembiayaan baru pada kuartal terakhir tahun 2021 meningkat sebesar 47 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Danamon Luncurkan Aplikasi D-BilLink, Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com