Mengintip Strategi Kurma Hijra dalam Memasarkan Produknya

Kompas.com - 17/02/2022, 06:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki usaha yang bersifat musiman memang gampang-gampang susah untuk dikembangkan. Apalagi di waktu yang bersamaan, jumlah pesaingnya makin bertambah.

Namun tidak bagi Kurma Hijra dalam mengembangkan bisnis kurmanya. Meskipun kurma tergolong usaha musiman yang dicari banyak orang ketika bulan Ramadhan, Kurma Hijau tetap hadir di berbagai outlet modern bahkan banyak dicari orang.

CEO of Insight First Asia, Marketing Strategist Company of Kurma Hijra Marlina Iryatie membeberkan ada dua strategi yang dilakukan dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Mengintip Strategi Brand Lokal Mendulang Cuan lewat Live Streaming TikTok

"Strategi pertama yaitu melakukan pull strategy yang menancapkan brand ke benaknya konsumen," ujarnya dalam jumpa pers secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Dalam hal ini Kurma Hijra aktif melakukan marketing strategi, hingga aktivitas marketing lainnya. Dalam memasarkan produk dan mengiklankannya, Kurma Hijra menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar.

"Kita buat marketing sebagus mungkin, kita bukan lagi share tentang manfaat kurma bagi kesehatan saja, tapi lebih ke filosofi brand kita. Kita sesuaikan dengan targetnya kita," bebernya.

Baca juga: Strategi Sukses Soto Angkring Mas Boed, Eksis hingga 15 Tahun

Marlina juga mengatakan, pihaknya selalu aktif untuk melakukan campaign ke konsumen.

"Seperti dulu kita ada program Kreasi Berkah yang mana mengajak pelanggan kita berkreasi masak dengan menggunakan kurma, jadi campaign yang relate dengan pelanggan kita, kita lakukan terus," ungkapnya.

Kemudian strategi kedua adalah eksis di online dan di offline. Marlina mengaku pihaknya selalu mengupayakan berbagai cara agar produk kurma mereka selalu tersedia di berbagai merchant offline atau di outlet-outlet dan dilirik banyak orang.

"Jadi, hadir pun kita di outlet offline, kita buat sedemikian rupa agar ketika orang masuk ke toko, produk kita langsung kelihatan. Begitu pun di online, yah kami buat tampilannya sebagus mungkin, itu yang penting," ungkap Marlina.

Baca juga: Strategi Merumuskan Brand Purpose untuk Mengembangkan Bisnis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.