Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Forum G20, Jokowi: Winter yang Berat Benar-benar Datang...

Kompas.com - 17/02/2022, 10:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi Covid-19 belum kunjung usai sampai saat ini ketika Indonesia resmi menjadi presidensi G20.

Belum usainya pandemi membuat Jokowi mengingat ucapannya saat pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF)-Bank Dunia (World Bank) di Bali pada tahun 2018.

Jokowi nenyebutkan, ramalannya soal musim dingin (winter) yang menggambarkan perlambatan ekonomi ternyata benar-benar terjadi.

Baca juga: Winter is Coming dari Jokowi, Sinyal Sekaligus Sindiran

Hal ini diucapkan Jokowi dalam pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (1st Finance Ministers and Central Bank Governors/FMCBG Meetings) negara-negara G20 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (17/2/2022).

"Sebagaimana saya katakan pada IMF-World Bank annual meeting tahun 2018, the winter is coming. Dan saat ini winter yang berat, benar-benar datang," kata Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Jokowi mengucapkan, pandemi belum berakhir dan ekonomi dunia masih terguncang. Dalam situasi seperti ini, tidak ada satu negara pun yang bisa bangkit sendirian.

Menurut dia, semua negara saling terkoneksi sehingga harus berkolaborasi. Kebangkitan satu kawasan akan membangkitkan kawasan yang lainnya, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Jejak JHT: Dibuat Megawati, Direalisasikan Jokowi, Lalu Dikritik Puan

"Ketidakpastian global harus kita hadapi dengan sinergi dan kolaborasi," ucap Jokowi.

Jokowi berharap, pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara anggota G20 bisa merumuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dan moneter yang saling bersinergi antarnegara.

Semua negara anggota G20 mesti bekerja sama mengendalikan inflasi, mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan, mengatasi kelangkaan kontainer rantai logistik lainnya, dan mencegah terjadinya kelaparan.

Lalu, melakukan transformasi untuk mempercepat transisi menuju ekonomi baru, mempercepat transformasi digital yang merata dan terjangkau, dan mendukung kebangkitan UMKM.

"Kita harus berkolaborasi untuk menangani strategi tersebut dengan capaian-capaian yang nyata, capaian-capaian yang terukur untuk mengatasi masalah dan juga mencegah masalah agar pertumbuhan ekonomi dunia inklusif," jelas Jokowi.

Di forum G20, kata Jokowi, Indonesia akan mendorong agenda-agenda prioritas dunia dengan semangat recover together dan recover stronger.

Agenda tersebut yakni memperkuat arsitektur kesehatan global, mempercepat transisi energi, dan mempercepat transformasi digital. Forum itu juga akan membahas komitmen negara-negara maju untuk memfasilitasi dan membiayai transisi energi menuju ekonomi hijau.

Baca juga: Produk UMKM Bakal Mejeng di Pertemuan G20

"Saya menaruh harapan besar pada menteri keuangan dan gubernur Bank sentral G20. Saya harap pertemuan ini akan menghasilkan langkah-langkah sinergis yang konkret, yang segera bisa dilaksanakan dan tampak hasilnya," tandas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com