Tokopedia dan Shopee Sepakat Bakal Take Down Seller jika Ketahuan Jual Minyak Goreng di Atas HET

Kompas.com - 17/02/2022, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia dan Shopee sepakat akan mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk penjualan minyak goreng.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pemain e-commerce di Tanah Air untuk take down para seller-nya bilamana menjual produk minyak goreng di atas HET.

Baca juga: Benarkah Indomaret Menimbun Minyak Goreng?

"Kami siap bekerja sama untuk mengikuti arahan pemerintah dan mendukung upaya pemerintah dalam penyediaan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat termasuk minyak goreng," ujar Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Shopee pun demikian. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan asosiasi terkait dengan penerapan kebijakan HET minyak goreng.

Baca juga: Pedagang Pasar Masih Keluhkan Minimnya Stok Minyak Goreng


"Kami akan mendukung kebijakan pemerintah terkait aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) penjualan minyak goreng," ungkap Radynal.

Perlu diketahui juga, aturan HET minyak goreng ini sudah berlaku sejak 1 Februari 2022 kemarin.

Adapun rinciannya adalah minyak goreng curah ditetapkan sebesar Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter.

Baca juga: Faisal Basri: Persoalan Minyak Goreng Ini Reaksi Kebijakan Pemerintah yang Meninabobokan Biodiesel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.