Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia dan Shopee Sepakat Bakal Take Down Seller jika Ketahuan Jual Minyak Goreng di Atas HET

Kompas.com - 17/02/2022, 11:31 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia dan Shopee sepakat akan mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk penjualan minyak goreng.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pemain e-commerce di Tanah Air untuk take down para seller-nya bilamana menjual produk minyak goreng di atas HET.

Baca juga: Benarkah Indomaret Menimbun Minyak Goreng?

"Kami siap bekerja sama untuk mengikuti arahan pemerintah dan mendukung upaya pemerintah dalam penyediaan produk kebutuhan sehari-hari masyarakat termasuk minyak goreng," ujar Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Shopee pun demikian. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan asosiasi terkait dengan penerapan kebijakan HET minyak goreng.

Baca juga: Pedagang Pasar Masih Keluhkan Minimnya Stok Minyak Goreng


"Kami akan mendukung kebijakan pemerintah terkait aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) penjualan minyak goreng," ungkap Radynal.

Perlu diketahui juga, aturan HET minyak goreng ini sudah berlaku sejak 1 Februari 2022 kemarin.

Adapun rinciannya adalah minyak goreng curah ditetapkan sebesar Rp11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter.

Baca juga: Faisal Basri: Persoalan Minyak Goreng Ini Reaksi Kebijakan Pemerintah yang Meninabobokan Biodiesel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com