Dunia Banyak PR, Presiden Jokowi Berharap Banyak dari Forum G20

Kompas.com - 17/02/2022, 15:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo memberikan banyak pekerjaan rumah kepada negara anggota G20 yang perlu dibahas dalam forum menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November 2022 mendatang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku berharap banyak dari pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral (Finance Ministers and Central Bank Governors/FMCBG) 20 negara itu.

Baca juga: Sambut Forum G20, Jokowi: Winter yang Berat Benar-benar Datang...

Dia yakin forum G20 bisa merumuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dan moneter untuk menyelesaikan permasalahan bersama.

"Saya menaruh harapan besar pada menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20. Saya harap pertemuan ini akan menghasilkan langkah-langkah sinergis yang konkret, yang segera bisa dilaksanakan dan tampak hasilnya," kata Jokowi dalam pembukaan 1st FMCBG Meetings di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Di Hadapan Negara G20, Jokowi: Dalam Situasi yang Seperti Ini Bukan Saatnya untuk Rivalitas...

PR inflasi hingga kelangkaan pangan

Jokowi meminta negara-negara G20 harus bekerjasama mengendalikan inflasi yang cenderung meningkat.

Kenaikan inflasi ini memang menjangkiti berbagai negara, baik di AS, Inggris, maupun negara berkembang seperti Argentina hingga Meksiko.

Baca juga: Ketika Terbitnya Permenaker JHT Dianggap Melawan Jokowi...

Dia juga meminta negara G20 mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan, mengatasi kelangkaan kontainer rantai logistik lainnya, dan mencegah terjadinya kelaparan.

"Kita harus fokus untuk bersinergi, untuk berkolaborasi menyelamatkan dan membangkitkan dunia tempat kita hidup untuk segera bangkit kembali, pulih kembali. Ketidakpastian global harus kita hadapi dengan sinergi dan kolaborasi," sebutnya.

Baca juga: Ancaman Perubahan Iklim Bisa Lebih Besar dari Pandemi, Sri Mulyani Tagih Komitmen Negara G20

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.