Konsumsi Listrik Capai Level Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir

Kompas.com - 17/02/2022, 16:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyebut pertumbuhan penjualan listrik akan terus berlanjut pada tahun 2022 ini. Maklum, pada tahun 2020 lalu, konsumsi PLN sempat minus 0,79 persen, sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Direktur Energi Primer PLN Hartanto Wibowo menyampaikan, pada Januari 2022 penjualan listrik PLN mencapai 22,2 Tera Watt hour (TWh). Angka konsumsi listrik bulanan itu adalah yang tertinggi sejak lima tahun ke belakang.

"Ini memberikan sinyal positif, bisnis kami akan kembali tumbuh, dan harapannya ini akan tumbuh berkelanjutan," kata Hartanto, Indonesia Energy Outlook 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Pemasok Energi dan Batu Bara Indonesia (Aspebindo), Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Begini Permintaan Pengusaha Ritel ke Pemerintah

Dia melanjutkan, setelah anjlok pada tahun 2020, penjualan listrik PLN mulai menunjukkan pemulihannya di 2021. Di sepanjang tahun lalu, penjualan listrik PLN mencatatkan peningkatan sebesar 5,78 persen dibandingkan tahun 2020, dengan total penjualan mencapai 255,1 TWh.

Angka penjualan di tahun lalu itu, bahkan melampaui total konsumsi listrik pada tahun 2019, atau sebelum pandemi Covid-19, yang sebanyak 243,1 TWh.

"Kalau melihat penjualan per bulan tahun 2021, itu di seluruh bulan penjualannya lebih tinggi dari bulan-bulan yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Kecuali di Maret 2021, ketika Covid-19 sangat menjalar di bulan itu. Nah, pada Oktober 2021, pernjualan mencapai 22,6 TWh, itu penjualan bulanan tertinggi dalam lima tahun terakhir," kata Hartanto.

Dengan begitu, PLN pun optimis tren positif tersebut akan terus berlanjut di tahun 2022 ini. Hal itu didasari oleh realisasi konsumsi listrik pada bulan Januari lalu.

Baca juga: Dunia Banyak PR, Presiden Jokowi Berharap Banyak dari Forum G20

Hartanto menilai, Covid-19 merupakan tantangan global, di mana telah berpengaruh terhadap demand dan supply energi global sejak dua tahun ke belakang, termasuk pada sektor ketenagalistrikan Tanah Air. Sehingga dibutuhkan adaptasi yang cepat oleh perusahaan, untuk mempertahankan keberlangsungan usaha ke depannya.

"Perubahan Covid-19 memerlikan adaptasi yang cepat dari perusahaan, karena landscapenya berubah, sehingga perusahaan perlu memahami situasi Covid-19 dan mengambil langakh-langkah untuk keberlangsungan usaha," terangnya. (Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tertinggi Sejak Lima Tahun Terakhir, Konsumsi Listrik Per Januari 2022 Capai 22,2 TWh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.