Kompas.com - 18/02/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Z atau generasi yang lahir dari tahun 1996-2010, sering sekali disebut-sebut sebagai generasi internet. Sebab generasi ini sangat akrab dengan bidang teknologi dan menyukai dunia visual.

Mereka juga dianggap suka merayakan gaya hidup seperti suka mendalami hobi, takut melewatkan suatu tren hingga menganggap virtual merupakan bagian dari realitas mereka.

Oleh karena itu generasi Z cenderung jadi pemilih dalam hal pekerjaan.

Baca juga: Milenial dan Generasi Z, Mana yang Lebih Suka Pakai Dompet Digital?

Researcher and Full Time Management Lecturer UMN Elissa D.Lestari mengatakan, sebenarnya generasi Z sangat menjunjung tinggi akan nilai-nilai kejujuran pada suatu perusahaan.

"Mereka akan setia jika menemukan misalnya ada perusahaan yang bisa memberikan kejujuran dalam hal jenjang karir, jujur dalam menginformasikan apakah mereka bisa mendapatkan mentoring yang tepat di perusahaan tersebut dan jujur mengenai step untuk mendapatkan jenjang karir yang bagus," ujar Ellisa dalam nextgen Launching WP-1 Report Gen Z Lifestyle and Consumption Habits yang disiarkan secara virtual, Jumat (18/2/2022).

Menurutnya, dari sisi aspirasi, generasi Z memiliki keinginan lebih besar untuk sukses dalam hal karir dibandingkan generasi yang lain.

Hal ini, kata dia, didorong lantaran generasi Z memiliki cermin dari kisah orang tuanya dahulu ketika masa krisis ekonomi 1998 terjadi.

Baca juga: Ini Investasi yang Cocok buat Milenial dan Generasi Z

Sebagaimana yang diketahui, di tahun 1998 ekonomi Indonesia sedang jatuh-jatuhnya.

"Generasi Z itu punya sejarah, punya cerita yang ketika kasus 1998 ekonomi lagi sulit-sulitnya. Makanya mereka tingkat keinginan untuk sukses itu lebih besar dalam hal karir, mereka tidak ingin karirnya seperti orang tuanya dulu di tahun 1998," kata Ellisa.

"Jadi sebenarnya jika generasi Z mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang jujur dan mau mendorong mereka atau karyawannya untuk maju, pasti para generasi Z akan setia di perusahaan itu enggak pindah-pindah tempat," bebernya.

Baca juga: Generasi Z Lebih Ambisius dan Optimistis Ketimbang Milenial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.