Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara Promosi yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

Kompas.com - 19/02/2022, 20:50 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comPromosi adalah salah satu aktivitas penting dalam dunia pemasaran. Tujuan dari kegiatan promosi adalah untuk menarik minat pelanggan sehingga mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk melakukan promosi produk atau jasa, tentu saja pelaku usaha harus memiliki strategi yang jelas untuk meningkatkan penjualan. Misalnya menggunakan strategi promosi secara langsung.

Adapun strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Mulai dari promosi atau penjualan produk secara langsung, penjualan jarak jauh (telemarketing), hingga menggunakan media sosial.

Dari ketiganya, strategi promosi langsung menggunakan teknik pemasaran di media sosial atau media digital adalah yang paling cocok digunakan saat ini.

Baca juga: Syarat dan Cara Pengajuan Program Subsidi KPR BTN Terbaru

Selain lebih murah, promosi melalui media digital juga dianggap lebih efektif, lebih cepat, dan lebih tidak terbatas dibandingan dengan jenis promosi lainnya.

Di media sosial, pelaku usaha atau perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas yang tinggi.

Pengaruh teknologi sangat memungkinkan untuk orang-orang di dunia maya melalui ponsel atau laptop dapat melihat produk atau jasa yang dipromosikan.

Cara promosi produk yang efektif

Dikutip dari laman Gramedia.com, sebuah bisnis akan mendatangkan keuntungan menjanjikan jika promosi dilakukan dengan benar. Karena manfaat dari promosi benar-benar menjanjikan, maka pelaku usaha harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Hotman Paris Kritik Menaker soal JHT: Di Mana Keadilannya Bu?

Berikut ini adalah beberapa cara promosi yang dapat dilakukan untuk produk online atau nyata agar lebih banyak menarik pelanggan:

1. Memberikan diskon atau potongan harga

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen maupun penjual yang ingin melakukan transaksi pembelian. Karena itu, promo atau potongan harga pastinya akan selalu ditunggu-tunggu oleh para customer.

Potongan harga tentunya dapat diberikan untuk segala jenis bisnis online, seperti bisnis thrifting, jual makanan, snack, pakaian, hingga furniture.

2. Memberikan gratis ongkir

Anda yang menggunakan aplikasi online shop untuk mencukupi kebutuhan dengan membeli sejumlah produk, pastinya selalu menantikan adanya free ongkir.

Baca juga: Pemerintah Kebut Pembangunan Bendungan Sepaku Atasi Banjir dan Dukung Kebutuhan Air Baku di IKN Nusantara

Maka dari itu, Anda sebagai marketer dapat menawarkan free ongkir untuk memikat lebih banyak pembeli. Tidak hanya konsumen saja yang akan mendapatkan keuntungan, tetapi juga value lebih saat membeli produk.

3. Menawarkan cashback

Cashback atau uang kembali menjadi incaran para pembeli. Cashback tidak bisa diberikan secara cuma-cuma kepada semua pembeli sebab terdapat syarat dan ketentuan tertentu yang harus diikuti. Misalnya, minimal pembelian pada sebuah nominal tertentu.

Meskipun begitu, cashback tetap dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah pembelian pada produk Anda. Ketika Anda mengunjungi marketplace besar atau online shop, cashback yang ditawarkan pastinya ada.

Strategi promosi yang efektif dan baik untuk meningkatkan penjualan produk/jasaPIXABAY Strategi promosi yang efektif dan baik untuk meningkatkan penjualan produk/jasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com