Mau Beli Rumah Idaman? Simak Syarat Pengajuan KPR BRI 2022

Kompas.com - 20/02/2022, 07:25 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI dapat menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah idaman secara mudah melalui skema cicilan di bank.

Berbagai perbankan nasional banyak yang menawarkan skema KPR dengan ketentuan dan syarat yang berbeda-beda. Salah satunya pinjaman KPR BRI.

Saat ini suku bunga efektif KPR BRI 2022 sebesar 5 persen. KPR BRI ini dapat diajukan bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian berupa rumah tapak, apartemen, condotel, rukan, dan ruko.

Pembelian hunian menggunakan pinjaman KPR BRI juga berlaku untuk pembelian baru, bekas, renovasi, refinancing, top up, pembangunan, atau take over dari bank lain.

Baca juga: Syarat dan Cara Pengajuan Program Subsidi KPR BTN Terbaru

Keunggulan KPR BRI

Bank BRI melalui laman resminya mengklaim bahwa ada keuntungan jika nasabah mengajukan pinjaman KPR BRI. Berikut keuntungan tersebut:

  • Proses pengajuan KPR BRI mudah dan cepat.
  • Biaya cicilan ringan.
  • Besaran bunga yang kompetitif.
  • Jangka waktu atau tenor KPR BRI hingga 20 tahun.
  • Uang muka (down payment) mulai dari 10 persen.
  • Mendapatkan asuransi jiwa kredit dan asuransi kerugian atau kebakaran.
  • Proses pembayaran mudah melalui Automatic Fund Transfer (AFT) atau Automatic Grab Fund (AGF).

Jika tertarik untuk mengajukan KPR BRI, baiknya mengetahui persyaratan dan cara ajukan KPR BRI 2022 berikut ini.

Baca juga: Jenis, Syarat, dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI dapat menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah idaman secara mudah melalui skema cicilan di bank. Apa syarat pengajuan pinjaman KPR BRI 2022?Dok. BRI Kredit Pemilikan Rumah atau KPR BRI dapat menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah idaman secara mudah melalui skema cicilan di bank. Apa syarat pengajuan pinjaman KPR BRI 2022?

Syarat pengajuan KPR BRI

Dilansir dari laman bri.co.id, berikut persyaratan yang harus diikuti dan dilengkapi nasabah bila ingin mengajukan pinjaman KPR BRI 2022:

  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Membuka rekening BRItama.
  • Mengisi formulir aplikasi KPR BRI.
  • Lokasi tempat tinggal, bekerja, usaha, atau praktek nasabah ada di kota di mana kantor cabang BRI berada.
  • Mempersiapkan dokumen berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP, pas foto pasangan terbaru, dan surat keterangan gaji.

Cara pengajuan KPR BRI

Sebelum mengajukan KPR BRI, nasabah perlu mencari rumah yang akan diajukan pembayaran KPR-nya. Lalu nasabah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk persyaratan.

Kemudian, nasabah mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa dokumen persyaratan tersebut dan menyerahkannya ke petugas BRI terkait.

Baca juga: Cara Menggunakan Simulasi KPR BTN, BCA, Mandiri, dan BNI

Sementara terkait biaya cicilan, nasabah dapat memperkirakannya dengan menggunakan fitur Simulasi KPR BRI yang dapat diakses di website bri.co.id.

Demikian, informasi yang perlu diketahui masyarakat apabila ingin mengajukan KPR BRI. Produk KPR BRI tersedia dalam bentuk subsidi dan nonsubsidi yang dapat dipilih nasabah sesuai kemampuan finansialnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.