Dorong Digitalisasi UMKM, Bank DBS Gandeng CARInih

Kompas.com - 21/02/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan CARInih, perusahaan berbasis teknologi yang mengutamakan kolaborasi ekosistem guna mendukung transformasi digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik secara online maupun offline.

Melalui kerja sama ini, CARInih menghadirkan aplikasi yang dilengkapi dengan inovasi layanan perbankan korporasi digital dari Bank DBS Indonesia, yakni DBS MAX QRIS. Kerja sama ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi dan menjamin kelancaran pembayaran kepada mitra.

“Peningkatan kebutuhan masyarakat akan layanan digital untuk mendukung gaya hidup serba cepat dan mudah, tidak terkecuali dalam hal berbelanja. Masyarakat kini mulai beralih menggunakan platform digital seperti e-commerce untuk berbelanja karena lebih mudah dan menghemat waktu ketimbang berbelanja secara langsung di toko,” kata Angela Thenaria, SVP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia secara virtual, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Bukalapak Dapat Suntikan Dana dari Bank DBS Indonesia Rp 2 Triliun

Angela mengatakan, tingginya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara digital menuntut UMKM untuk turut menjajakan produknya melalui platform digital. Melihat geliat digitalisasi pada sektor UMKM, mendorong Bank DBS Indonesia untuk secara aktif memberikan solusi perbankan yang mudah, aman, dan nyaman sesuai dengan prinsip ‘Live More, Bank Less’.

“Melalui solusi perbankan berbasis digital, diharapkan akan memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi, dan membantu pertumbuhan bisnis mereka termasuk seluruh kekuatan digital yang kami miliki. Dukungan digital ini diharapkan juga mempercepat inklusi finansial di tanah air,” ungkap dia.

Founder dan CEO PT DKI, Tan Leny Yonathan atau yang akrab disapa Leny Tan mengatakan, layanan DBS MAX QRIS yang tersedia pada aplikasi CARInih merupakan sebuah sistem pembayaran digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang memberikan pelayanan penyelesaian kredit secara real time dengan memindai untuk membayar (scan and pay).

DBS MAX QRIS akan memberikan laporan yang komprehensif dengan mengintegrasikan transaksi dari berbagai QRIS melalui QRIS-Encore report untuk memudahkan proses rekonsiliasi CARInih dan memudahkan kelancaran pembayaran ke mitra.

Ketika pelanggan ingin menggunakan metode pembayaran QRIS, pelanggan juga dapat memilih sumber pembayaran baik menggunakan bank atau e-wallet. Setelah itu, pelanggan akan menerima notifikasi transaksi secara real time melalui Instant Credit Notification.

"Bagi kami, aplikasi sama dengan solusi. Besar harapan kami, kehadiran CARInih dapat menjadi pilihan solusi bagi teman-teman pelaku usaha UMKM Indonesia pada khususnya dalam menjalankan usahanya,” ujar Leny Tan.

Tidak ketinggalan, CARInih juga memberikan promo menarik bagi pelanggan yang mengunduh Aplikasi CARinih di Google Play Store berupa penawaran harga spesial Rp 22 untuk seluruh produk teman dan mitra UMKM bertanda khusus, mulai 22 Februari sampai dengan 20 Maret 2022.

Baca juga: DBS Indonesia Luncurkan DBS MAX QRIS, Apa Itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.