Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ini yang Dibahas Erick Thohir

Kompas.com - 21/02/2022, 19:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Senin (21/2/2022). Mereka membahas rencana pengembangan infrastruktur yang dilakukan BUMN di Yogyakarta.

Erick Thohir mengatakan, dalam pertemuan itu mereka membicarakan proses pembangunan tol hingga pengembangan Candi Borobudur. Ia menekankan, pembangunan infrastruktur di Yogyakarta harus melalui proses bisnis yang baik agar menghasilkan output yang baik bagi masyarakat sekitar.

"Dalam silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X tadi, kami banyak berbicara mengenai progres pembangunan tol, termasuk persoalan pembebasan lahan," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Transformasi Sumber Daya BUMN Terbukti Diakui Pasar

Mantan Bos Inter Milan itu menyebut, BUMN berkomitmen penuh dan berkoordinasi secara intensif dengan Pemprov DIY terkait pembangunan tol. Ia bilang, ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, melalui Kementerian BUMN dengan pemerintah daerah.

"BUMN dan Pemprov DIY juga berkomitmen untuk melibatkan masyarakat agar pengembangan jalan tol dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan daerah, dan tentunya masyarakat itu sendiri," ucap Erick Thohir.

Dia berharap kehadiran jalan tol dapat semakin memperkokoh citra Yogyakarta sebagai destinasi unggulan. Erick Thohir meyakini keberadaan jalan tol juga akan mengurangi biaya logistik dan menimbulkan efek berganda dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi Yogyakarta.

Baca juga: Panja Penyelamatan Garuda Indonesia Dibentuk, Ini Kata Erick Thohir

Selain tol, ia juga memastikan komitmen BUMN dalam pengembangan wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Erick menyampaikan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau TWC saat ini telah bergabung dalam sebuah ekosistem holding pariwisata dan pendukung atau InJourney.

Ia menilai, kehadiran InJourney akan memberikan wajah baru dalam model pariwisata Indonesia, termasuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Nantinya, lanjut Erick Thohir, InJourney akan berkolaborasi dalam memperkuat branding, membuat paket bundling, hingga mengemas event di Candi Prambanan dan Candi Borobudur agar lebih menarik.

"Pengembangan wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan juga akan melibatkan pemerintah daerah di sekitar Joglosemar agar efek berganda yang diciptakan bisa dirasakan bagi semua," pungkas dia.

Baca juga: Ketemu Erick Thohir, Pembuat Miniatur Pesawat Garuda Indonesia Dapat Rp 50 Juta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com