Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Pendidikan, ETF Lestarikan Filosofi Hidup Eka Tjipta Widjaja

Kompas.com - 21/02/2022, 20:23 WIB
Dwi Nur Hayati ,
Amalia Purnama Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF) Hong Tjhin mengatakan, pihaknya berikhtiar melestarikan filosofi hidup pendiri Sinar Mas, yaitu Eka Tjipta Widjaja.

“Yayasan berikhtiar melestarikan filosofi hidup Eka Tjipta Widjaja, yakni berintegritas, bersikap positif, berkomitmen, melakukan perbaikan berkelanjutan, inovatif dan loyal. Pendidikan adalah landasannya,” imbuhnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Eka Tjipta Foundation, lanjut Hong Tjhin, telah menerjemahkan filosofi itu dalam bentuk program yang berlangsung dengan dukungan pilar bisnis Sinar Mas, yakni menjangkau masyarakat.

Untuk memperingati 100 tahun kelahiran Eka Tjipta Widjaja, ETF sendiri berupaya agar nilai-nilai maupun inisiatif yang diwariskan sang pendiri tetap bergaung di lingkup Sinar Mas hingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bahkan jika memang efektif, dapat direplikasi oleh pihak lain.

Baca juga: Peringati HUT ke-83, Sinar Mas Terima 8 Karyawan Lulusan Vokasi

“Kami percaya pendidikan punya peran penting membangun kemandirian berikut kesejahteraan masyarakat. Terlebih Indonesia tengah membidik momen Indonesia Emas tahun 2045 nanti, berlandaskan sumber daya masyarakat (SDM) yang unggul dan kompeten. Selaras dengan filosofi Pak Eka tadi,” kata Hong Tjhin tentang nilai-nilai kehidupan pendiri Sinar Mas yang mangkat tahun 2019 silam itu.

Untuk diketahui, ETF merupakan organisasi nirlaba yang digagas keluarga Widjaja pada 2006. Organisasi ini menjadi wadah pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang tersebar di bawah naungan Sinar Mas.

Adapun fokus aksi ETF ada pada bidang pendidikan, lingkungan hidup, serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Sinar Mas melalui ETF mencoba menyelaraskan keberlanjutan usaha bermakna, adanya harmoni antara praktik bisnis yang mendatangkan keuntungan.

ETF melihat bahwa perusahaan harus bisa melakukan sumber daya lingkungan yang terkelola baik dan tanggung jawab sosial secara nyata untuk masyarakat sekitar.

Baca juga: Saling Bergandengan Tangan, Sinar Mas Ajak Berbagai Pihak untuk Mengatasi Pandemi di Dalam Negeri

Peran ETF dalam pendidikan

Menyelaraskan pendidikan vokasi dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja.DOK. Humas Sinar Mas Menyelaraskan pendidikan vokasi dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com