BEI Ungkap Ada 34 Perusahaan yang Bakal "Right Issue" Senilai Rp 12,9 Triliun

Kompas.com - 22/02/2022, 13:17 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna mengunkapkan, hingga saat ini terdapat 34 perusahaan yang berencana melakukan right issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Dari jumlah perusahaan tersebut, diprediksi dana right issue mencapai Rp 12,9 triliun.

“Berdasarkan catatan kami, sampai dengan tanggal 21 Februari 2022, sudah ada 34 perusahaan yang berencana melakukan right issue dengan dana yang direncanakan sebesar Rp 12,94 triliun,” kata Nyoman kepada wartawan, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Ini Cara Tebus Saham Right Issue Lewat Mandiri Sekuritas

Nyoman merinci, dari total 34 perusahaan, terdapat empat perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berencana melakukan right issue senilai Rp 7,8 triliun.

“Berdasarkan data yang ada, terdapat perusahaan BUMN yang merencanakan untuk melakukan right issue. Sampai dengan tanggal 21 Februari 2022, sudah ada 4 Perusahaan Tercatat yang telah melaksanakan right issue dengan total dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp 7,81 triliun,” jelas Nyoman.

Baca juga: Apa Itu Right Issue Saham? Kenali Untung Ruginya Bagi Investor

Walau demikian, Nyoman mengungkapkan BEI tidak menetapkan target penerbitan right issue oleh perusahaan tercatat. Pelaksanaan right issue, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

“Bursa tidak menetapkan target tertentu atas right issue Perusahaan Tercatat. Pelaksanaan right issue dikembalikan kepada Perusahaan Tercatat, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Perusahaan Tercatat,” tegas Nyoman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.