Temuan Ombudsman di Berbagai Daerah: Minyak Goreng Masih Langka

Kompas.com - 22/02/2022, 17:15 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pengawas pelayanan publik Ombudsman dalam penyelidikannya menemukan ketersediaan minyak goreng masih langka di sejumlah titik.

Anggota Ombudsman Yeka Hendra Fatika mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan langsung di lapangan melalui perwakilan Ombudsman di masing-masing daerah.

"Dari beberapa informasi yang kami kumpulkan dari daerah dan apa yang kita lihat, minyak goreng itu masih langka," kata Yeka dalam jumpa pers virtual, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Kemendag Akan Pasok Minyak Goreng Murah di Surabaya Selama Sepekan

 

Kelangkaan minyak goreng di Papua Barat

Sementara itu salah satu anggota Ombudsman perwakilan Papua Barat, Eki Rahmadhaningtyas membeberkan, berdasarkan hasil pemantauan harga dan ketersediaan minyak goreng yang dilakukan selama dua hari, minyak goreng curah atau minyak goreng sederhana sama sekali sudah tidak dijual.

Kemudian untuk ketersediannya, minyak goreng kemasan sederhana, baik di ritel modern dan di pasar tradisional stoknya sangat terbatas.

Baca juga: Mendag Tegaskan Akan Tindak Keras Oknum Penimbun Minyak Goreng

"Di pasar modern itu untuk kisaran harga minyak subsidi 1 liter itu masih dikenakan harga Rp 14.000, kemudian untuk yang sekitar 2 liter Rp 24.000 sampai dengan Rp 28.000. Tapi kalau untuk yang mereknya Bimoli itu pernah dihargai Rp 16.000 - Rp 22.000, yah kalau stoknya yah terbatas," ujar Eki.

Salah satu anggota Ombudsman perwakilan Papua Barat, Arya, membeberkan, berdasarkan dari hasil pemantauannya, selama satu minggu kemarin di pasar modern dan di toko modern terjadi kekosongan persediaan pada minyak goreng kemasan sederhana maupun premium.

"Itu sama sekali tidak ada," kata Arya.

Baca juga: Indomaret: Tak Satu Pun Gerai Kami Lakukan Penimbunan Minyak Goreng

Sementara di pasar tradisional di Papua Barat, untuk minyak goreng kemasan sederhana dibanderol diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) kisaran Rp 15.000 sampai dengan Rp 17.000.

"Bahkan ada kios yang menyamakan harga kemasan sederhana dengan kemasan premium seharga Rp 15.000," beber Arya.

Baca juga: Soal Minyak Goreng Langka, Alfamart: Bagaimana Mau Menimbun? Stok Saja Tak Cukup

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.