Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tensi Geopolitik Rusia-Ukraina Mereda, Rupiah dan IHSG Bergerak Menguat

Kompas.com - 23/02/2022, 09:28 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (23/2/2022). Demikian juga dengan mata uang garuda yang menguat pada perdagangan pasar spot.

Dilansir dari data RTI, pukul 09.11 WIB, IHSG berada pada level 6.909,35 atau naik 47,35 poin (0,69 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.861,99.

Sebanyak 235 saham melaju di zona hijau dan 139 saham di zona merah. Sedangkan 181 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,6 triliun dengan volume 2,8 miliar saham.

Bursa Asia mayoritas hijau dengan kenaikan Hang Seng Hong Kong 0,4 persen, dan Shanghai Komposit 0,27 persen. Sementara itu, Strait Times melemah 0,58 persen.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Sebelumnya, Analis Panin Sekuritas William Hartanto yang mengatakan, hari ini IHSG berpeluang menguat setelah kemarin mengalami koreksi sehat yang diiringi oleh aksi profit taking.

“Pelemahan IHSG (kemarin) juga merupakan koreksi sehat yang wajar terjadi karena sudah menguat signifikan dalam beberapa pekan. Secara teknikal level 6.900 telah menjadi resistance dan IHSG akan bergerak mixed menguji resistance ini,” kata William.

Baca juga: IHSG Berpeluang Tembus 6.900, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat. Dilansir dari Bloomberg, pukul 09.04 WIB rupiah bergerak pada level Rp 14.350 per dollar AS, atau naik 16 poin (0,11 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.366 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah terjadi karena sentimen pasar keuangan terlihat lebih positif terhadap aset berisiko pagi ini, dengan indeks saham Asia yang menguat.

“Sentimen tersebut mungkin bisa mendorng rupiah bergerak menguat hari ini,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com