Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Provider Internet dengan Kecepatan "Download" Terbaik

Kompas.com - 23/02/2022, 10:54 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Enciety Business Consult melakukan riset pendalaman terkait Quality of Service (QoS) provider fixed broadband melalui Direct Observation di 8 (delapan) kota di Indonesia. 

Riset dilakukan di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. 

Berikut hasil risetnya. 

Baca juga: Banyak Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Apa Saja Contohnya?

Berdasarkan rata-rata throughput performance

Hasil riset menunjukkan IndiHome menjadi provider dengan rata-rata throughput performance atau kecepatan download paling baik.

Riset yang dilakukan pada 9 provider, mencakup IndiHome, Biznet, CBN, First Media, Iconnet, MNC Play, MyRepublic, Oxygen, dan XL Home ini bertujuan untuk melakukan validasi dengan membandingkan realisasi performa download speed yang dirasakan pelanggan.

“Dari pengamatan, ditemukan provider dengan rata-rata throughput performance paling baik yakni IndiHome 102 persen, diikuti MyRepublic 96 persen, CBN 84 persen, Oxygen 82 persen, dan Firstmedia 80 persen. Biznet menempati urutan terakhir dari dalam rata-rata throughput performance yakni 33 persen,” kata Don Rozano, Direktur Enciety Business Consult, dalam siaran pers Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Berdasarkan kecepatan download

Don mengatakan, di Jakarta, kecepatan download tertinggi dipimpin oleh Paket 85 Mbps Biznet, dengan rata-rata kecepatan download sebesar 30,2 Mbps dengan throughput 36 persen. Diikuti oleh paket 50 Mbps dari MyRepublic dengan rata-rata kecepatan download 44,2 Mbps dengan throughput 88 persen.

“Sementara itu, untuk IndiHome dominan pelanggan masih berlangganan paket 20 Mbps ke bawah, pelanggan mendapatkan rata-rata kecepatan download 20,6 Mbps dengan throughput 103 persen,” ujar Don.

Baca juga: Daftar Paket Biznet Home lengkap Harga dan Cara Bayarnya

Berdasarkan latency

Walau demikian, download dan upload speed bukan satu-satunya ukuran penting bagi pengguna internet. Ukuran lain yakni latency atau waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu data sampai ke tujuan, yang diukur dalam satuan milisecond (ms). Angka latency ideal tentunya sedekat mungkin menuju nol, lebih kecil angkanya, lebih baik.

Latency familiar bagi para game-enthusiast dan para atlet e-sport, karena mendukung skenario gaming kompetitif mereka. Latency ini juga berpengaruh dalam pengalaman pelanggan menggunakan aplikasi interaktif lainnya, contohnya video conference seperti Zoom, Cloudx, Google Meet dan sebagainya,” tambah dia.

Berdasarkan hasil riset Enciety, tiga provider menempati peringkat latency terbaik di 2.0 ms yakni IndiHome, MNC Play, dan MyRepublic. Sementara itu, Biznet dan Oxygen memiliki peringkat latency 3.0 ms, Iconnet dan XL Home 4.0 ms, First Media 13.0 ms, dan CBN 15.0 ms.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com