Bank Mulai Rambah Metaverse, Mahfud MD: Ini Harus Disikapi Secara Bijaksana

Kompas.com - 23/02/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi informasi industri jasa keuangan tengah berkembang secara pesat selama beberapa tahun terakhir. Ini terefleksikan dengan semakin beragamnya teknologi informasi yang dimanfaatkan oleh penyedia jasa keuangan (PJK).

Dalam operasionalnya, PJK saat ini telah memanfaatkan berbagai platform atau sistem yang canggih. Bahkan, beberapa waktu lalu dua bank raksasa nasional telah mengumumkan rencananya untuk merambah kanal Metaverse.

"Perkembangan teknolgi yang saat ini digunakan oleh PJK semakin pesat. Di antaranya penggunaan financial tenchnology, kemuai artificial inteligence, aset virtual, bahkan ada PJK bank yang telah mempublikasikan penggunaan Metaverse," tutur Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dalam webinar yang diinisasi OJK, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Saat Bank Memulai Rencana Ekspansi ke Metaverse...

Menanggapi fenomena tersebut, Mahfud MD meminta PJK untuk menyikapi perkembangan teknologi informasi secara bijaksana. Dalam implementasinya, PJK juga harus berpedoman pada dokumen Financial Action Task Force (FATF), terkait perkemabgan dan risiko tantangan teknologi baru.

"Perkembangan teknologi informasi ini harus disikapi PJK secara bijaksana," katanya.

Ia mendorong PJK untuk mampu mengidentifikasi dan mengkaji risiko tindak pidana pencucian uang (TPPU) serta tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT), sehubungan dengan perkembangan produk baru dan penggunaan teknologi baru.

"FATF sendiri telah mendefinisikan teknologi baru itu adalah proses, metode dan kemampuan inovatif yang digunakan dengan tetap mematuhi program APU-PPT (anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme)," ucap Mahfud.

Baca juga: Sandiaga Uno: Siap–siap Guys, Äkan Ada Banyak Peluang Lapangan Kerja Baru di Metaverse

Sebagai informasi, dua bank pelat merah yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sudah mengumumkan rencana ekspansi ke dunia Metaverse.

Kedua bank tersebut senada menyatakan pengembangan Metaverse dilakukan untuk menawarkan pengalaman baru kepada nasabah, dengan menghadirkan berbagai layanan perbankan yang bisa diraskan dalam dunia virtual.

Baca juga: Kini Giliran BNI Siap Masuk ke Metaverse

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.