Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Perlindungan Diri? Ini 5 Tips Memilih Asuransi Jiwa

Kompas.com - 24/02/2022, 12:32 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi jiwa adalah program perlindungan keluarga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti gangguan kesehatan hingga kematian. Asuransi jiwa akan melindung pemegang polis dan memberikan keamanan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

Seseorang yang membeli produk asuransi akan membayar anggaran setiap bulan berupa premi dan akan mendapatkan manfaat sesuai dengan produk yang disetujui, jika terjadi sesuatu.

Meskipun asuransi ini penting, masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk memilikinya.

Baca juga: Pandemi Masih Bayangi Industri Asuransi 2022, AAJI: Optimistis tetapi Tidak Berlebihan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjelaskan, tingkat literasi di Indonesia masih rendah. Sebagai gambaran, 2 dari 10 masyarakat Indonesia telah memahami produk asuransi. Namun, hanya satu orang yang bersedia membeli produk asuransi.

Saat ini, berbagai perusahaan asuransi telah menawarkan banyak produk asuransi jiwa untuk masyarakat.

Lantas, apa yang perlu diperhatikan seseorang ketika ingin memilih asuransi jiwa yang baik. Disitir dari Zurich.co.id, berikut adalah lima tips untuk memilih asuransi jiwa terbaik.

1. Menyesuaikan dengan keperluan

Memilih produk asuransi pertama-tama adalah harus yang sesuai dengan kebutuhan. Produk asuransi menyediakan manfaat yang beragam rupa. Misalnya, ada jaminan untuk penyakit kritis, biaya pendidikan anak, dan jaminan hari tua. Pilihlah produk yang cocok dengan kebutuhan.

2. Menganggarkan asuransi secara tepat

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin memiliki produk perlindungan diri, pastikan perhitungkan anggaran dengan tepat. Hal ini bertujuan agar anggaran atau premi asuransi tidak mengganggu kebutuhan lain.

Baca juga: Pahami Perbedaan Jenis Asuransi Jiwa untuk Menentukan Pilihan yang Tepat

3. Memahami manfaat dan besaran uang pertanggungan

Manfaat dan besarnya uang pertanggungan memiliki besaran yang berbeda antara pihak asuransi satu dengan yang lain. Namun biasanya, semakin tinggi premi yang dibayarkan, semaki banyak juga manfaat uang pertanggungan yang diterima.

4. Memilih produk dengan layanan terbaik

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki layanan pelanggan 24 jam. Dengan demikian, ketika terjadi sesuatu dan diperlukan informasi terkait produk asuransi jiwa yang dimiliki, nasabah tidak mengalami kebingungan.

5. Mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi

Hal ini penting mengingat sifat perjanjian asuransi biasanya tergolong jangka panjang. Perhatikan pengelolaan dan kinerja perusahaan. Anda juga bisa melihat keterbukaan informasi untuk melihat laporan keuangan dan rating dari nasabahnya.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Bisa Jadi Penting, Ini 6 Manfaat yang Perlu Diketahui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com