Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Bank BJB Bertransformasi Jadi Bank Berbasis Teknologi dan Digital

Kompas.com - 24/02/2022, 15:28 WIB
Aprillia Ika

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com  - Bank digital disebut sebagai fenomena masa depan dari industri keuangan. Untuk itu, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) melakukan inovasi dan bertransformasi agar bisa bersaing di industri perbankan saat ini, dengan menyediakan fitur, produk dan layanan berbasis teknologi dan digital. 

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, kendati demikian, produk berbasis teknologi tersebut harus dipastikan aman dan memudahkan nasabah.

"Layanan berbasis teknologi dan digital sudah kami miliki dan terus dikembangkan. Di antaranya penggunaan aplikasi mobile banking dengan fitur yang memudahkan nasabah dalam mengaksesnya," kata Yuddy melalui keterangan pers, Kamis (24/2/2022). 

Baca juga: Bos BNC Beberkan Keuntungan Bertransformasi Jadi Bank Digital

Menurut Yuddy, pengembangan fitur dan produk berbasis teknologi yang semakin canggih harus diperkuat pada aspek keamanan digital dan data pribadi nasabah agar tidak jatuh kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti kejahatan siber.

Bank sendiri, lanjut Yuddy, menjadi target utama pada kejahatan siber selama lebih satu dekade.

Untuk menjamin keamanan nasabah dalam layanan digitalnya, bank bjb dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi informasi berskala internasional.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Ramai-ramai Menjadi Bank Digital

Kerja sama ini bertujuan memberikan keamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi melalui bank bjb untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital banking.

"Aspek keamanan sangatlah penting. Oleh karena itu, kami terus melakukan kolabrasi dan inovasi digital agar memberikan keamanan sekaligus kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi melalui bank bjb," lanjut Yuddy.

Sebagai informasi, pada 2021 lalu bank bjb telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi yang berdampak pada peningkatan pendapatan fee based income secara signifikan.

Pengembangan digitalisasi yang dilakukan menunjukkan semakin meluasnya ekosistem digital bank bjb yang tumbuh sepanjang tahun 2021.

Baca juga: Selama Pandemi, Layanan Digital Bank BJB Tumbuh 121 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com