Program "Hijau" Allianz Life, Sampah Bisa Ditukar Jadi Premi Asuransi

Kompas.com - 24/02/2022, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) siap mendukung akselerasi ekonomi hijau.

Yang pertama, Allianz Life menawarkan asuransi mikro. Produk ini adalah asuransi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Di Indonesia, banyak jiwa wiraswasta. Mereka membuka lowongan kerja. Tapi, dengan kondisi pandemi ini, banyak UMKM tidak punya akses ke asuransi ketika ada bencana," terang Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia David Nolan, Kamis (24/2/2022).

David mengaku, ada lebih banyak peluang dalam hal dari sisi asuransi mikro. Pasalnya, pelaku UMKM juga merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia.

Baca juga: Cara Tukar Sampah Botol Plastik Jadi Uang Elektronik

Program tukar sampah

Ia mengurai, lewat program "Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu", seorang wiraswasta bisa saja membawa limbah yang bisa didaur ulang untuk ditukar dengan premi asuransi.

Dalam acara "Dampak Perubahan Iklim terhadap Aspek Pembiayaan dan Premi Asuransi Berdasarkan Green Economy", Allianz Life mengatakan sedang berinvestasi untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang ramah lingkungan.

Mereka yang mulai meminimalisir penggunaan energi berbasis batu bara.

Baca juga: Allianz Life Indonesia Incar Potensi Pertumbuhan Minat Asuransi di Masa Pandemi

Unit link berbasis ESG

Selain itu, Allianz Life juga meluncurkan produk unit link berbasis Environmental, Social dan Governance (ESG). Produk ini akan menaruh portofolio investasinya di perusahaan yang ramah lingkungan.

David bilang, perusahaan juga sedang menggemborkan kampanye untuk mengurangi jejak karbon, mereduksi penggunaan kertas dan listrik.

Meskipun demikian, ia juga cerita bahwa langkah tersebut masih berada di awal perjalanan. Pertama-tama pihaknya memberikan solusi sebelum nanti menawarkan produk lainnya.

"Allianz Life ingin turut mendukung nasib bumi," tegas dia.

Baca juga: Genjot Tingkat Literasi Asuransi, Allianz Indonesia Maksimalkan Kanal Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.