Diresmikan Sejak 1978, Berapa Tarif Tol Jagorawi Saat Ini?

Kompas.com - 24/02/2022, 20:00 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, Ciawi) merupakan ruas jalan yang penting di wilayah Jabodetabek. Oleh karenanya, tarif tol Jagorawi banyak dicari masyarakat.

Tol Jagorawi dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sejak tahun 1978. Jalan tol pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden kedua RI Soeharto.

Dikutip dari Kompas.com, biaya pembangunan jalan Tol Jagorawi dianggarkan pemerintah saat itu sebesar 10,3 juta dollar AS atau sebesar 30 persen dari total biaya pembangunan.

Sementara, 70 persen biaya pembangunan Tol Jagorawi dipinjam dari Amerika Serikat sebesar 22,8 juta dollar AS.

Baca juga: Mengenal Sejarah Mata Uang Indonesia

Anggaran pemerintah dan pinjaman dari AS tersebut diserahkan ke Jasa Marga sebagai penyertaan modal.

Tol Jagorawi memiliki panjang 59 Km, menyambungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi sehingga menyebabkannya menjadi salah satu tol terpadat di Indonesia.

Saat ini jalan tol Jagorawi berkembang menjadi ribuan kilometer karena tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road.

Tarif Tol Jagorawi terbaru

Sebagai jalan tol yang banyak digunakan masyarakat, tarif Tol jagorawi paling banyak dicari. Bagi masyarakat yang kerap melewatinya tentu sudah hafal dengan tarif tol ini.

Baca juga: Cek Tarif Tol Secara Online Supaya Perjalanan Tidak Terhambat

Namun, bagaimana dengan masyarakat yang belum mengetahui tarif tersebut? Pasalnya, tarif tol Jagorawi dibedakan untuk setiap golongan kendaraan.

Untuk setiap ruas jalan tol, masyarakat dapat cek tarif tol dengan mudah melalui website Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jasa Marga, maupun aplikasi Travoy.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.