AS Blokir 5 Bank Besar Rusia, Harga Minyak Sempat Tembus 100 Dollar AS Per Barrel

Kompas.com - 25/02/2022, 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia sempat menyentuh level di atas 100 dollar AS per barrel segera setelah militer Rusia melakukan invasi ke Ukraina. Meski, pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi) harga minyak menjadi lebih rendah.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (25/2/2022), harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak April 2022 menjadi di level 99,08 dollar AS per barrel, setelah sebelumnya sempat melonjak ke level 105,79 dollar AS per barrel.

Sementara West Texas Intermediate (WTI) AS menjadi di level 92,81 dollar AS per barrel.

Baca juga: Uni Eropa Siapkan Sanksi untuk Lemahkan Perekonomian Rusia, Aset Dibekukan hingga Akses Bank Dihentikan

AS blokir 5 bank besar Rusia, tapi tak jatuhkan sanksi soal pasokan energi

Amerika Serikat (AS) telah memberikan sanksi ke lima bank besar Rusia sebagai langkah memblokir negara itu dari sistem keuangan global. Meski demikian, Presiden AS Joe Biden memastikan tak ada sanksi yang terkait dengan pasokan energi.

Rusia adalah produsen minyak terbesar ketiga di dunia. Negara yang dipimpin Vladimir Putin ini memproduksi sekitar 10 persen dari pasokan minyak global, atau sekitar 10,5 juta barel per hari.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah akibat Sentimen Rusia–Ukraina, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Selain itu, Rusia juga merupakan pengekspor utama gas alam. Pada tahun 2020, Rusia menyumbang sekitar 38 persen dari impor gas alam Uni Eropa, menurut data badan statistik Uni Eropa, Eurostat.

Kendati harga minyak mentah berjangka terkoreksi dari level 100 dollar AS per barrel, namun analis menyebut tetap ada kemungkinan kenaikan harga yang jauh lebih tinggi ke depannya.

“Melemahnya harga minyak mentah di tengah pengenaan sanksi ke Rusia, tetap tidak mengubah kemungkinan harga minyak akan naik jauh lebih tinggi,” ujar Analis Pasar Senior Oanda, Ed Moya.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Dekati 100 Dollar AS Usai Putin Perintahkan Pasukannya ke Ukraina Timur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.