Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Pantau Perkembangan Metaverse di Indonesia

Kompas.com - 25/02/2022, 15:20 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanal realitas metaverse menjadi pangsa pasar potensial bagi banyak industri, tidak terkecuali perbankan, sebab memiliki teknologi virtual reality yang dapat menawarkan pengalaman baru bagi penggunanya.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai salah satu bank raksasa nasional menyatakan,  perusahaan terus mengkaji perkembangan bisnis di era digital, termasuk kanal metaverse yang belakangan semakin marak pengembangannya.

“Saat ini, kami secara berkala terus melakukan monitoring terkait perkembangan dan kesiapan dari masyarakat terkait Metaverse serta mencermati aturan-aturan yang berlaku,” ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn, kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Baca juga: Bank Mandiri Masih Kaji Kemungkinan Terjun ke Metaverse

Lebih lanjut, Hera mengatakan, BCA menyadari bahwa saat ini perkembangan teknologi semakin pesat sehingga muncul beragam inovasi digital sektor perbankan dan finansial dalam rangka memenuhi tren dan kebutuhan transaksi yang lebih cepat, aman, dan nyaman secara digital.

“Selain itu, fokus BCA saat ini adalah terus mengembangkan kapabilitas digital dalam melayani nasabah terutama untuk meningkatkan basis nasabah dan jumlah transaksi,” katanya.

Pada tahun 2021, Hera menambah, BCA telah meluncurkan beberapa aplikasi baru, yakni myBCA, haloBCA, dan merchantBCA untuk melengkapi platform digital BCA.

Baca juga: Bank Mulai Rambah Metaverse, Mahfud MD: Ini Harus Disikapi Secara Bijaksana

Dalam mengembangkan platform perbankan transaksi, bank swasta terbesar itu akan memperkuat ekspansi ekosistem digital melalui kolaborasi dengan mitra strategis serta melakukan berbagai inovasi layanan digital.

Pengembangan turut mendongkrak volume transaksi BCA sebesar 42 persen secara yoy, terutama didukung oleh transaksi pada mobile banking yang tumbuh sebesar 60 persen secara yoy.

“Ke depannya, BCA akan terus memperkuat ekosistem finansial, penyempurnaan dan modernisasi dari infrastruktur teknologi informasi yang dimiliki,” ucap Hera.

Baca juga: Saat Bank Memulai Rencana Ekspansi ke Metaverse...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com