Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Harus Memastikan Semua Sektor Industri Bisa Menerima Vaksinasi Booster

Kompas.com - 25/02/2022, 16:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap percepatan vaksinasi booster dapat memberikan perlindungan bagi para pekerja di sektor industri dari paparan virus Covid-19, termasuk varian Omicron.

"Saya harus memastikan semua sektor industri bisa menerima vaksinasi booster," ujar Jokowi dalam Kick-Off Pelaksanaan Vaksin Booster Sektor industri yang dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat (25/2/2022).

Kepala Negara berharap vaksin booster ini bisa menjadi benteng pertahanan bagi para tenaga kerja. Sehingga, sektor industri dan produksi tidak terganggu aktivitasnya.

Baca juga: Jalankan Kebijakan Pemerintah, Sinar Mas Percepat Vaksinasi Booster untuk Karyawan dan Mitra

"Ini kita harapkan terus bergerak di industri yang lain di pabrik-pabrik yang lain sehingga bisa kita cegah karyawan kita dari terpaparnya Covid," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyapa pelaku industri di berbagai daerah yang serentak melaksanakan vaksinasi booster dan terhubung secara virtual. Salah satunya PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di Surabaya yang melakukan vaksinasi booster di dua fasilitas produksi di kawasan Rungkut.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen HM Sampoerna Cicilia Tri Sulistyawati menyampaikan, pihaknya terus melakukan upaya dalam memprioritaskan kesehatan para karyawannya.

"Sebagai salah satu perusahaan padat karya dengan 65.000 karyawan langsung dan tidak langsung, kami terus melakukan upaya optimal dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan setiap karyawan. Salah satunya dengan memfasilitasi vaksinasi booster,” ujar Cicilia.

Baca juga: 350 Klinik Kimia Farma Kini Layani Vaksin Booster Sinopharm

“Mulai 24 Februari ini dan dua hari ke depan, kami melakukan vaksin booster bagi 5.900 karyawan untuk pabrik-pabrik yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur,” lanjutnya.

Menurut Cicilia Sampoerna juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan arahan dan peraturan pemerintah.

“Kami optimis bahwa upaya gotong-royong yang dilakukan dalam menanggulangi pandemi akan menghasilkan capaian yang baik,” tutup Cicilia.

Sebelumnya, proses vaksinasi booster bagi karyawan Sampoerna telah dilakukan sejak awal Februari 2022, dimulai dari Karawang dan akan dilanjutkan bagi fasilitas lainnya. Tahun lalu, seluruh karyawan Sampoerna sudah menerima vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Baca juga: Vaksin Booster Gratis buat Semua, Kemenkeu Putar Otak Siapkan Anggaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com