Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blusukan ke Jambi, Mendag: Minyak Goreng Tersedia dan Aman

Kompas.com - 26/02/2022, 06:55 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan kunjungan ke Pasar Modern Angso Duo Provinsi Jambi dan meninjau langsung ketersediaan minyak goreng di pasar.

"Hari ini kita meninjau langsung ketersediaan minyak goreng di Jambi, hasilnya ketersediaan minyak goreng di Dashbord Kementerian Perdagangan dan kondisi di lapangan angkanya cocok, minyak goreng di Jambi tersedia dan aman," kata Muhammad Lutfi dilansir dari Antara, Sabtu (26/2/2022).

Didampingi Gubernur Jambi Al Haris dan Direktorat Perdagangan Jendral Perdagangan Luar Negeri dan Dalam Negeri, Menteri Perdagangan meninjau sejumlah toko yang berada di kawasan Pasar Angso Duo Jambi.

Muhammad Lutfi menjelaskan secara angka ketersediaan minyak di Jambi positif, artinya barang tersedia dan aman. Pemerintah Daerah setempat turut mengatur distribusi minyak goreng di pasaran sehingga tidak terjadi kelangkaan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Mendag Lutfi: Saya Memastikan Distribusi Akan Cepat Sampai di Pasar

"Di Jambi tidak ada antrian panjang dari masyarakat yang mengantri untuk membeli minyak goreng," kata Muhammad Lutfi.

Dari tanggal 14-24 Februari 2022 ketersediaan minyak goreng di Provinsi Jambi lebih dari lima juta liter. Ketersediaan minyak goreng tersebut setara dengan kebutuhan minyak goreng di Jambi untuk satu bulan.

"Distribusi minyak di Jambi salah satu yang terbaik di Indonesia, harapannya ini dapat terus dijaga," kata Muhammad Lutfi.

Terkait dengan harga jual, untuk kemasan premium sudah di jual sesuai dengan Harga Eceran Terendah (HET) yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan yakni Rp14.000 per liter.

Baca juga: Mendag Tegaskan Akan Tindak Keras Oknum Penimbun Minyak Goreng

Namun untuk minyak goreng curah masih ada yang berada di atas HET, meski demikian Kementerian Perdagangan meyakini dalam satu minggu ke depan harga jual minyak sesuai dengan HET yang ditetapkan.

Selain itu terkait dengan stok Crude Palm Oil (CPO) Muhammad Lutfi mengatakan sampai dengan tanggal 14 Februari sudah tersedia lebih dari 190 juta liter. Stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan CPO selama 20 hari ke depan.

"Dengan sistem Domestik Market Obligation (DMO) kita mampu mengumpulkan CPO selama sepuluh hari untuk kebutuhan 20 hari," kata Muhammad Lutfi.

Ia memperingatkan seluruh pemain dan pelaku usaha ritel minyak goreng untuk tidak mempermainkan harga dan menyalahgunakan wewenang yang dimilikinya.

Muhammad Lutfi menegaskan, Kementerian Perdagangan akan mengerahkan Satgas Pangan untuk memastikan barang ada dan terjangkau oleh pedagang dan masyarakat.

Baca juga: Mendag Heran, Stok Minyak Goreng Cukup, Tapi Harganya Mahal di Pasar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com