Minat Usaha Franchise? Simak Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Kompas.com - 26/02/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Franschise adalah salah satu jenis bisnis yang dapat diterapkan di Indonesia. Sebelum memulai usaha franchise, baiknya mengetahui definisi dan jenis-jenis franchise.

Beberapa tahun terakhir usaha frachise menjamur di Indonesia seiring dengan lahirnya berbagai produk lokal di pasaran. Hal ini cukup membuktikan usaha franchise di Indonesia dapat berkembang dan banyak peminatnya.

Contoh franschise yang ada di Indonesia, yaitu Ayam Gepuk Pak Gembus, Janji Jiwa, Warunk Upnormal, Indomaret, Alfamart, Jco Donuts and Coffee, Hoka Hoka Bento, dan CFC.

Dikutip dari buku Jitu Membeli Franchise oleh Hendry E. Ramdhan, arti sederhana dari franchise adalah menduplikasi kesuksesan suatu usaha ke pihak lain.

Baca juga: Minat Bisnis Franchise Indomaret? Ini Biaya dan Syaratnya

Oleh karenanya, usaha franchise lebih mudah dijalankan karena biasanya merek yang digunakan sudah memiliki nama dan dikenal masyarakat luas, sehingga pengusaha tidak perlu membangun brand dari nol lagi.

Apabila ingin mencari tahu informasi terkait usaha franschise, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian usaha franchise

Dilansir dari buku Pengelolaan Bisnis Ritel SMK/MAK Kelas XII oleh Aris Purwantinah, istilah franchise berasal dari bahasa Latin, francourum rex yang artinya bebas dar ikatan. Arti tersebut mengacu pada kebebasan untuk memilih hak usaha.

Istilah franchise juga berasal dari bahasa Prancis, fran yang berarti bebas atau francher yang berarti membebaskan. Arti tersebut secara tersebut dimaksudkan sebagai pemberian hak istimewa.

Baca juga: 3 Cara Membuka Usaha Minimarket Alfamart, Tertarik?

Kemudian, dalam Bahasa Indonesia kata franchise diistilahkan sebagai waralaba. Wara artinya lebih atau istimewa dan laba berarti untung, sehingga waralaba adalah usaha yang memberikan laba lebih.

Pengertian franchise adalah perikatan dua pihak yang menyatakan pemilik waralaba memberikan hak dan kewajiban sesuai kontrak kepada pembeli franchise dengan tujuan saling menguntungkan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.