Cara Update Data NIK dan NPWP Lewat PLN Mobile, Praktis Cuma 10 Menit

Kompas.com - 26/02/2022, 21:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) memberikan layanan pembaharuan atau update data pelanggan terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui PLN Mobile.

Pembaharuan data NIK/NPWP lewat PLN Mobile ini sesuai dengan regulasi perpajakan yang mewajibkan PLN mencantumkan nama, alamat sesuai KTP atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau paspor (bagi subjek pajak luar negeri) pada informasi tagihan listrik pelanggan.

Aturan perpajakan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2015 tentang Impor dan/atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu Yang Bersifat Strategis Yang Dibebaskan dari Pengenaan PPN.

Baca juga: G20 dan Upaya Pemerintah Dorong Energi Hijau Lewat Kendaraan Listrik

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi menjelaskan, dengan adanya fitur pembaharuan data NIK dan NPWP, PLN ingin ikut meningkatkan kualitas administrasi pelanggan. PLN juga menjamin kerahasiaan seluruh data pelanggan.

"Pembaharuan data melalui PLN Mobile tidak rumit dan hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit," katanya dalam keterangan resmi PLN.

Cara update data NIK dan NPWP lewat PLN Mobile

Berikut cara mudah melakukan pembaharuan data NIK/NPWP melalui PLN Mobile:

  • Pertama, unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone melalui Google Play Store atau App Store.
  • Masuk ke aplikasi PLN Mobile.
  • Klik menu "Profile" yang ada di sudut kanan bawah.
  • Pilih "Layanan Saya".
  • Kemudian klik ID Pelanggan yang dipilih.
  • Lanjutkan dengan klik "Data Diri".
  • Tampilan data diri akan terlihat, cek NIK sesuai KTP dan/atau cek kartu NPWP.
  • Lakukan pembaharuan data.

Baca juga: Integritas Adalah Konsisten dan Keteguhan, Simak Penjelasannya

Pelanggan juga diimbau untuk terus menggunakan PLN Mobile untuk menunjang pelayanan ketenagalistrikan. Mulai dari info tagihan, pembelian token, simulasi permohonan pasang baru, layanan pengaduan, dan lainnya.

Selain pembaharuan melalui PLN Mobile, nantinya pelanggan juga dapat melakukan penyesuaian data NIK/NPWP dengan dipandu petugas PLN yang datang ke rumah.

Cara update data NIK dan NPWP lewat PLN Mobile dengan mudahInstagram @pln_id Cara update data NIK dan NPWP lewat PLN Mobile dengan mudah

Fitur di PLN Mobile

PLN Mobile adalah aplikasi mobile customer self service berbasis mobile yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Aplikasi ini merupakan bentuk sinergi layanan PLN kepada pelanggan, setelah sebelumnya memanfaatkan Contact Center PLN 123, Facebook, Twitter dan Web PLN.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.