Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Usai Gempa Sumbar, 100 Persen Listrik Pasaman Barat Kembali Normal

Kompas.com - 27/02/2022, 19:29 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

PESAMAN BARAT, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) segera tangani kerusakan infrastruktur listrik akibat gempa yang melanda Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat, (25/2/2022).

Pasokan listrik ke seluruh Pesaman Barat, Sumatera Barat telah kembali normal setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,2 melanda.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengatakan, gempa yang melanda Kabupaten Pasaman Barat mengakibatkan kerusakan pada bangunan dan terputusnya aliran listrik ke masyarakat.

Baca juga: Konsumsi Listrik Naik, Pendapatan PLN Capai Rp 25,13 Triliun per Januari 2022

Ia bilang, puluhan petugas diterjunkan ke lokasi kejadian guna mempercepat proses pemulihan.

"Dengan mengutamakan keselamatan warga dan petugas, PLN gerak cepat dalam memastikan pasokan listrik masuk ke rumah warga," kata Toni dalam siaran pers.

Toni melanjutkan, sebanyak 1.033 gardu distribusi telah sepenuhnya beroperasi sehari setelah bencana, yaitu pada Sabtu (26/02/2022).

Distribus listrik tersebut meliputi pasokan listrik ke 127.513 pelanggan.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arif Pramudya mengungkapkan, total Jaringan Tegangan Menengah (JTM) terdampak pasca gempa sepanjang 1.116,5 Kms itu.

Ia juga bilang, beberapa titik lokasi membutuhkan waktu penormalan lebih lama. Sebabnya, medan transportasinya di beberapa wilayah cukup sulit.

"Seluruh personel PLN saling mendukung untuk membantu pemulihan listrik. Kami bersyukur seluruh gardu distribusi kini sudah bisa dinyalakan sehingga sistem kelistrikan di Pasaman Barat capai 100 persen," tutur Arif.

Arif menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas padamnya listrik akibat bencana gempa. Namun, Ia berjanji akan mengawal proses pemulihan hingga listrik kembali menerangi rumah warga.

"Terima kasih kepada seluruh pelanggan yang mendukung PLN agar bisa fokus dalam penanganan dan percepatan pemulihan. Saya mengapresiasi Pemda Pasaman Barat yang terus menguatkan koordinasi, pun tentu kepada seluruh petugas PLN," kata Arif.

Baca juga: Cara Update Data NIK dan NPWP Lewat PLN Mobile, Praktis Cuma 10 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com