Daftar Barang yang Harganya Naik di Awal 2022, dari Minyak Goreng hingga Elpiji

Kompas.com - 28/02/2022, 18:15 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Harga berbagai macam kebutuhan mengalami kenaikan. Mulai dari kebutuhan dapur seperti minyak goreng hingga harga bahan bakar minyak (BBM).

Kenaikan harga ini memberatkan masyarakat karena kebutuhan-kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pangan dan bahan bakar kendaraan.

Tidak hanya masyarakat, bahkan pedagang pun mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan ini karena mengakibatkan turunnya pendapatan.

Misalnya seperti produsen tempe dan tahu serta pedagang daging sapi yang mengancam melakukan aksi mogok sebagai bentuk protes mereka.

Lantas, barang kebutuhan apa saja yang mengalami kenaikan harga beberapa waktu belakangan?

1. Minyak goreng

Kenaikan harga minyak goreng telah terjadi sejak akhir tahun 2021 dan sampai saat ini masih belum terselesaikan. Namun kini minyak goreng di pasar modern maupun pasar tradisional masih sulit ditemukan.

Dapat dilihat di berbagai daerah, rak-rak toko ritel modern yang biasanya dipenuhi produk minyak goreng dari berbagai merek kini terlihat kosong.

Kondisi serupa juga terjadi di pasar tradisional di mana warung yang biasanya menjual minyak goreng. Kalaupun ada stok minyak goreng, harganya masih mahal.

Padahal pemerintah sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng per liter. Kepolisian pun telah bergerak untuk menyelidiki kelangkaan minyak goreng tersebut.

Baca juga: Perang di RI: Pengerahan TNI saat Warga Saling Berebut Minyak Goreng

2. BBN non subsidi

Pada 12 Februari lalu PT Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi untuk jenis BBM Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.