Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Viral karena Ghozali Everyday, Sebenarnya Apa Sih NFT Itu?

Kompas.com - 01/03/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti & Ikko Anata

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, ada seorang lelaki yang ramai diperbincangkan di media sosial karena mengunggah swafotonya sebagai NFT di situs OpenSea. Dari situ, pria yang diketahui bernama Ghozali itu berhasil meraih keuntungan sebesar Rp 1,4 miliar.

Fenomena ini lantas membuat publik geger dan NFT pun dibahas secara ‘gila-gilaan’ oleh seluruh masyarakat. Bahkan, ada juga yang mengikuti jejak Ghozali dengan menjual beragam karya unik dan aneh. Dengan harapan akan mendapat peruntungan yang serupa.

Dalam siniar CUAN bertajuk "Kebelet NFT", Prasetyo Budiman, Founder Superlative Secret Society, memberikan penjelasannya terkait NFT. Ia mengibaratkan NFT seperti membeli rumah, "Sama kayak kalo beli rumah ‘kan ada sertifikat, tuh. Ketika membeli barang digital, kita punya sertifikat kepemilikan."

Apa itu NFT?

NFT (Non-Fungible Token) sederhananya adalah aset digital NFT yang digunakan sebagai bukti kepemilikan barang. Barang tersebut dibeli dengan mata uang kripto.

NFT pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2014 oleh sebuah platform bernama Counterparty, dengan karyanya yang berjudul ?Quantum?. Kini, karya tersebut bernilai tujuh juta dolar Amerika.

Baca juga: Cara Kenalkan Investasi ke Anak Sejak Dini

Prasetyo juga menjelaskan bahwa NFT memiliki berbagai macam rupa, "Bisa foto, video, membership juga bisa. Sebenernya, kreativitas di NFT space banyak banget dan banyak hal absurd bahkan. Sangat bebas dan sangat idealis."

Cara Menggunakan NFT

Untuk bisa menjual karya di NFT, sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, yaitu solo creator, proyek yang dilakukan oleh individu. Pemasaran karyanya pun dilakukan secara mandiri dengan menyasar situs yang memiliki komunitas terbuka.

Sementara itu, apabila mengambil langkah project, kita harus mengumpulkan massa terlebih dahulu. Hal itu bisa dilakukan melalui media sosial, seperti Twitter dan Discord.

Dalam membuat platform NFT, kita dibantu oleh banyak orang yang tergabung dalam divisi yang berbeda, seperti community manager, artist, serta blockchain dan web developer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.