Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indika Energy Bakal Jual Seluruh Sahamnya di Petrosea

Kompas.com - 01/03/2022, 15:19 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mendivestasi saham PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS), PT Indika Energy Tbk (INDY) bercana mendivestasi usaha lain yang berkaitan dengan batu bara, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO). PTRO merupakan anak usaha INDY yang bergerak di bisnis kontraktor pertambangan.

INDY dan PT Caraka Reksa Optima telah menandatangani suatu perjanjian jual beli saham bersyarat sehubungan dengan rencana penjualan seluruh saham milik INDY di PTRO pada tanggal 18 Februari 2022 dengan tanggal efektif pada 25 Februari 2022.

Rencana transaksi ini telah diumumkan oleh PT Caraka Reksa Optima melalui suatu pengumuman koran tanggal 1 Maret 2022. Berdasarkan perjanjian tersebut, INDY bermaksud untuk menjual seluruh 704,01 juta saham yang mewakili 69,80 persen kepemilikan saham di PTRO.

Baca juga: Pengamat: Konflik Rusia-Ukraina Bisa Memperlambat Pemulihan Ekonomi RI

Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham di PTRO adalah setara dengan jumlah rupiah dari 210 juta dollar AS. Dengan demikian, perkiraan nilai penjualan dari rencana transaksi adalah setara dengan jumlah rupiah dari 146,58 juta dollar AS.

Setelah rencana transaksi selesai dilaksanakan, PTRO tidak lagi menjadi anak perusahaan INDY dan tidak akan dikonsolidasi dalam laporan keuangan INDY.

“Rencana transaksi ini merupakan langkah strategis perseroan sebagai salah satu strategi diversifikasi Indika Energy,” tulis Adi Pramono Sekretaris Perusahaan INDY dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (1/3/2022).

Adi mengatakan, pelaksanaan divestasi ini tidak akan berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha INDY. (Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati)

Baca juga: BPS: Konflik Rusia-Ukraina Pengaruhi Ekspor Impor hingga Inflasi di Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Indika Energy (INDY) Akan Melepas Seluruh Kepemilikan di Petrosea (PTRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com