BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Penjualan Meningkat Selama Pandemi, Intip Perjalanan William Christiansen Dirikan Space Roastery

Kompas.com - 02/03/2022, 10:21 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, aktivitas minum kopi menjadi tren. Di beberapa kota besar, kedai-kedai kopi mudah ditemukan dan selalu ramai. Selain menawarkan tempat yang nyaman, kedai-kedai ini juga mampu menyajikan kopi nikmat yang berasal dari biji kopi berkualitas.

Hal berbeda dirasakan William Christiansen dan Elvan Wenas pada enam tahun silam. Kala itu, untuk mendapatkan secangkir kopi nikmat butuh upaya. Jangankan kedai kopi, mencari biji kopi berkualitas saja bukan main susahnya. Kalau pun ada, harganya selangit.

Bagi pencinta kopi sekaligus Q Grader—pakar cita rasa kopi—seperti mereka, hal tersebut memprihatinkan. Di rumah, mereka meracik dan menyeduh sendiri untuk mendapatkan sajian kopi yang sesuai selera. Istilahnya home brewer.

Kondisi tersebut mendorong mereka untuk membangun rumah sangrai kopi sendiri. Dengan begitu, mereka bisa memenuhi keinginan menikmati kopi kualitas wahid. Rumah sangrai ini mereka beri nama Space Roastery.

Baca juga: Jurus Cuan Investor Pemula, Diversifikasi Jadi Kunci

Melalui Space Roastery, William juga ingin mengenalkan kopi Indonesia berkualitas.

Sejak awal berdiri, Space Roastery menyasar home brewers, baik penyeduh rumahan yang sudah profesional, baru belajar, maupun yang sedang meniti karier sebagai barista.

“Kami menargetkan home brewer atau orang yang memiliki hobi dan ketertarikan untuk mengolah serta membuat kopi sendiri di rumah dengan alat-alat manual,” ujar William dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/2/2022).

Dalam mengembangkan Space Roastery, ia mengusung visi “Meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Paling mudah lewat home brewer, habitual drinker. Harga harus terjangkau tetapi tetap menjaga kualitas.”

Baca juga: Gojek dan GoTo Finansial Ajak UMKM Olah Minyak Jelantah Jadi Lebih Bermanfaat

Sebagai roastery, William dan Elvan fokus menjual kopi produksi Space Roastery dan memulai bisnis kopi secara online pada 2016. Berawal dari mesin roasting kopi berkapasitas 1 kilogram (kg), kini beralih ke mesin sangrai berkapasitas 15 kg.

Pada awal merintis usaha, William mengaku kesulitan dalam mencari roastery lokal yang punya kualitas pelayanan yang baik. Ia menilai, jumlah distributor kopi yang terbatas merupakan salah satu penyebabnya.

Tak hanya itu, imbuh William, Space Roastery juga sempat kesulitan untuk menjangkau penyeduh rumahan sebagai segmen pasarnya. Pasalnya, pada 2016, sebagai penyeduh rumahan, ia kesulitan mendapatkan roastery yang memang fokus ke penyeduh rumahan.

Untuk ikut kelas kopi pada waktu itu, ingat William, seseorang harus merogoh kocek hingga Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Baca juga: GoRide Resmi Pakai Motor Listrik, Langkah Dukung Inisiatif G20

Memahami kondisi pasar yang seperti itu, Space Roastery turut berinisiatif memberikan edukasi tentang kopi untuk menarik minat home brewer, salah satunya melalui Instagram.

“Pada awalnya memang tidak mudah. Namun, Space Roastery kini sudah punya pelanggan setia dari penyeduh rumahan,” terang William.

Berbagai strategi pun dilakukan untuk menjangkau home brewer dari luar Pulau Jawa, yakni dengan menggratiskan ongkos kirim melalui website resmi Space Roastery.

Space Roastery juga membuat beragam program khusus untuk home brewer yang berminat memahami seluk-beluk kopi. Saat ini, program favorit home brewer Indonesia adalah The Sensory Project (TSP) yang sudah eksis sejak 2018 dan terjual ribuan pax dalam waktu beberapa hari setiap project-nya.

Salah satu project terbaru adalah The Sensory Project 16 yg bekolaborasi dengan Pemenang Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) agar home brewer bisa mencicipi kopi dari pemenang lomba sekaligus wakil Indonesia di kejuaraan dunia roasting.

Baca juga: Dukung Pelaku Usaha Jadi #BestSeller, GoSend Luncurkan Ragam Inovasi pada 2022

“Seiring waktu berjalan, Space Roastery kini juga punya tempat untuk pengunjung dapat mencoba biji kopi sebelum membeli, yang dinamai Slow Bar. Di sini pembeli bisa berinteraksi dan bertanya ke barista langsung agar dapat memilih biji kopi sesuai kebutuhan dan selera,” kata William.

Kini, Space Roastery sudah punya pelanggan loyal yang tersebar mulai dari Jakarta, Bogor, hingga Surabaya. Meski letaknya berada di sebuah gang, tak sedikit penggemar kopi dari berbagai kota bertandang ke Space Roastery.

Untuk diketahui, Space Coffee Roastery berada di Gang Loncang Nomor 88, Rogoyudan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 450 meter dari Biro Televisi Republik Indonesia (TVRI) Yogyakarta.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, produk kopi Space Roastery juga dijual melalui website dan serta e-commerce. Selain berjualan secara online, Space Roastery memiliki outlet yang memungkinkan pelanggan untuk datang dan menjajal pengalaman minum kopi secara langsung.
Dok. Gojek Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, produk kopi Space Roastery juga dijual melalui website dan serta e-commerce. Selain berjualan secara online, Space Roastery memiliki outlet yang memungkinkan pelanggan untuk datang dan menjajal pengalaman minum kopi secara langsung.

Lebarkan sayap di masa pandemi

Space Roastery berinovasi untuk menghadirkan minuman kopi yang lebih beragam. Kemasan pun diolah secara menarik dengan menyematkan nama-nama unik pada setiap produknya. Sebagai contoh, House Blend Space, Strawberry Fields, Machoffee, dan Originutt.

Baca juga: Unggulkan GoTransit, Gojek Tingkatkan Inovasi Layanan Dukung Pemulihan Mobilitas pada 2022

“Space Roastery memiliki keunikan dalam mengolah produk kopi lokal yang dideskripsikan dengan rasa yang mirip dengan pisang, jeruk, cokelat, agar pembeli bisa lebih relate dengan rasa yang ditawarkan,” imbuh William.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, produk kopi Space Roastery juga dijual melalui website dan e-commerce.

Baca juga: Terus Berinovasi, GoFood Pelopori Teknologi Robot Otomatis di Layanan Pesan Antar Makanan

Selain berjualan secara online, Space Roastery memiliki outlet yang memungkinkan pelanggan untuk datang dan menjajal pengalaman minum kopi secara langsung.

Outlet-nya kami beri nama Space Roastery Slow Bar. Kini, ada dua outlet di Yogyakarta. Hal ini sejalan dengan prioritas strategi bisnis yang kami jalankan. Outlet offline tetap diperlukan untuk memberikan pengalaman secara langsung bagi pelanggan,” tambahnya.

Berkat inovasi dan pendekatan bisnis yang ia jalankan, William mengaku bahwa usaha Space Roastery justru mengalami peningkatan pada masa pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, nilai penjualan Space Roastery justru mengalami meningkat sebanyak 143 persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Bersama OJK, GoTo Financial Luncurkan Buku Pintar Finansial untuk UMKM dalam Bentuk Digital

Inovasi lain yang dijalankan William adalah memanfaatkan layanan Moka untuk operasional bisnis.

Untuk diketahui, Moka adalah layanan point of sales (POS) berbasis cloud yang menyediakan solusi menyeluruh dalam bentuk fitur bagi para pelaku usaha. Layanan ini disediakan oleh grup teknologi GoTo Financial.

Adapun fitur yang tersedia dalam layanan tersebut adalah real-time dashboard, manajemen inventory dan stok, penerimaan e-wallet, fitur program loyalitas pelanggan, dan sudah terintegrasi dengan GoStore. Fitur-fitur ini dibuat untuk memudahkan pelaku usaha berjualan offline dan online.

Pada bisnis yang dijalani William, fitur dari Moka dipakainya untuk mengelola transaksi di outlet. Ia juga memanfaatkan program loyalitas agar Space Roastery dapat tetap terhubung dengan pelanggan yang sesuai dengan segmen pasar.

Baca juga: Fitur Carbon Offset GoTo Group dan Jejak.in Resmi Diadopsi Kemenparekraf

“Berkat Moka, saya tidak perlu sering datang ke outlet karena bisa mengawasi transaksi secara real-time,” jelas William.

William menambahkan, Space Roastery juga membangun komunitas “Home Brewer Indonesia”. Kini, anggotanya mencapai 17.000 orang. Hal ini berdampak pada peningkatan brand awareness Space Roastery.

Sejak awal berdiri, Space Roastery menyasar home brewers, baik penyeduh rumahan yang sudah profesional, baru belajar, maupun yang sedang meniti karier sebagai barista. Dok. Gojek Sejak awal berdiri, Space Roastery menyasar home brewers, baik penyeduh rumahan yang sudah profesional, baru belajar, maupun yang sedang meniti karier sebagai barista.

Moka dukung UMKM

Head of Marketing Commerce Enablement GoTo Financial Karan Doeana mengatakan, Moka dibuat dengan misi memberikan solusi yang dapat membantu perkembangan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Dukung Vaksinasi dan Terapkan Prokes Ketat, Cara Gojek Lindungi Mitra Driver serta Pengguna Layanan

“Dengan menggunakan Moka, pelaku usaha dapat fokus menyusun strategi bisnis ke depan dan memercayakan kegiatan operasional bisnis dengan menggunakan layanan serta fitur yang tersedia,” ujar Karan.

Sebagai informasi, selain Moka, GoTo Financial juga menyediakan solusi bisnis lain, seperti GoBiz, GoBiz Plus, Midtrans, Selly, dan GoStore.

Baca juga: GoPay Perkuat Edukasi Literasi Digital dan Sistem Keamanan Transaksi demi Lindungi Konsumen

Karan menambahkan, Moka kini telah dipercaya oleh lebih dari 40.000 merchant di seluruh Indonesia. Tak hanya di kota-kota besar di Pulau Jawa, pengguna Moka tersebar hingga ke Manokwari, Jayapura, dan Boven Digoel di Papua.

“Seiring peningkatan kepercayaan para pelaku bisnis dan meluasnya produk dalam ekosistem yang ditawarkan, Moka fokus dalam memperluas solusi pada 2022 agar dapat menjadi mitra terbaik bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis,” kata Karan.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Anak Usaha Kimia Farma Jadi Distributor Produk Cairan Infus Suryavena

Anak Usaha Kimia Farma Jadi Distributor Produk Cairan Infus Suryavena

Whats New
Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 di SSCASN

Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 di SSCASN

Whats New
Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polisi Ungkap Kasus BBM Dicampur Air di SPBU

Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polisi Ungkap Kasus BBM Dicampur Air di SPBU

Whats New
HMSP Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Daerah di Karanganyar untuk Produksi SKT

HMSP Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Daerah di Karanganyar untuk Produksi SKT

Whats New
BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

Work Smart
Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Whats New
Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Whats New
Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Earn Smart
7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

Whats New
'Regulatory Sandbox' Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

"Regulatory Sandbox" Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

Whats New
IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

Whats New
Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Whats New
Genjot Layanan Kesehatan, Grup Siloam Tingkatkan Digitalisasi

Genjot Layanan Kesehatan, Grup Siloam Tingkatkan Digitalisasi

Whats New
Pelita Air Siapkan 273.000 Kursi Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Pelita Air Siapkan 273.000 Kursi Selama Periode Angkutan Lebaran 2024

Whats New
Puji Gebrakan Mentan Amran, Perpadi: Penambahan Alokasi Pupuk Prestasi Luar Biasa

Puji Gebrakan Mentan Amran, Perpadi: Penambahan Alokasi Pupuk Prestasi Luar Biasa

Whats New
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com