Berlaku Mulai Hari Ini, Cek Penyesuaian Harga BBM Pertamina Terbaru

Kompas.com - 03/03/2022, 08:51 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Harga BBM Pertamina 2022 mengalami perubahan yang berlaku mulai Kamis (3/3/2022) hari ini. Sejumlah jenis BBM mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga BBM berlaku di seluruh Indonesia untuk jenis BBM umum atau non-subsidi yakni Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Sementara itu, harga Pertalite per liter tidak mengalami perubahan. Demikian pula dengan harga Pertamax 2022, tetap mengacu pada ketentuan sebelumnya.

Baca juga: Daftar Tarif Listrik 2022: Beda Harga Listrik Subsidi dan Non-subsidi

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting menilai, kendati ada kenaikan, harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif ketimbang operator lainnya yang sudah terlebih dahulu menaikkan harga produk BBM-nya.

Ia menambahkan, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex merupakan BBM untuk golongan masyarakat mampu yang porsinya hanya 3 persen dari total konsumsi BBM nasional.

Sementara, untuk BBM jenis Pertamax dan Pertalite yang lebih banyak digunakan masyarakat, tidak mengalami kenaikan harga.

"Harga BBM Pertamax dan Pertalite tidak ada perubahan," kata Irto Ginting kepada Kompas.com, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Cek Golongan Tarif Listrik Non-subsidi yang Harganya Bakal Lebih Mahal

Besaran kenaikan harga BBM Pertamina

Penetapan harga BBM Pertamina 2022 mengacu pada Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Adapun kenaikan harga BBM non-subsidi beragam di masing-masing wilayah atau provinsi yakni berkisar Rp 500-Rp 1.100 per liter.

Seperti pada wilayah DKI Jakarta, untuk Pertamax Turbo (RON 98) naik dari Rp 13.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.