Hari Raya Nyepi, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Masih di Bawah 50 Persen

Kompas.com - 03/03/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingkat keterisian tempat duduk kereta api jarak jauh selama Hari Raya Nyepi masih di bawah 50 persen.

Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, pada Rabu (2/3/2022) keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.778 penumpang atau 42 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 24 kereta api.

Kemudian dari Stasiun Pasarsenen terdapat sekitar 4.983 penumpang dengan keterisian tempat duduk 42 persen untuk keberangkatan 20 kereta api.

Baca juga: Nyepi, ASDP Tutup Sementara Penyeberangan Dari dan Menuju Bali

"Libur nasional Nyepi yang jatuh pada hari Kamis kondisi penumpang di Stasiun Gambir maupun Pasarsenen terpantau normal," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).

Sementara untuk hari Kamis dan Sabtu dilihat dari data pemesanan tiket sementara juga terpantau normal dengan rata-rata keterisian tempat duduk sekitar 22-35 persen.

"Masih terdapat ketersediaan TD bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan," kata dia.

Data tersebut menunjukkan tidak banyak masyarakat yang berpergian di periode Hari Raya Nyepi karena kondisi penumpang masih normal dan tingkat okupansinya tidak sampai 50 persen.

Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket KA dapat melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id serta channel penjualan resmi lainnya.

Baca juga: Hari Raya Nyepi, 115 Penerbangan Rute Bali Dihentikan Sementara

Penumpang juga dapat melakukan layanan antigen di area Daop 1 Jakarta yaitu di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek dengan tarif Rp 35.000.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang KAJJ untuk memperhatikan kembali ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.