Cara Daftar Pertashop Pertamina, Syarat dan Modal yang Dibutuhkan

Kompas.com - 03/03/2022, 22:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi masyarakat yang ingin memiliki bisnis pom bensin, Pertamina membuka peluang kerja sama melalui kemitraan bisnis Pertashop. Bagaimana cara daftar Pertashop?

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan Pertamina. Harga BBM yang dijual Pertashop adalah sama dengan di SPBU Pertamina Reguler. Pasokan BBM juga rutin dipasok dari truk-truk tangki Pertamina.

Dikutip dari laman MyPertamina, Pertashop adalah lembaga penyalur bahan bakar resmi dari Pertamina yang berskala kecil untuk menyediakan bahan bakar minyak (BBM), LPG non subsidi, dan produk Pertamina lainnya.

Mitra Pertashop Pertamina mengutamakan lokasi untuk pelayanannya berada di desa atau di kota yang membutuhkan untuk pelayanan produk ritel milik Pertamina.

Baca juga: PPN Bakal Naik Jadi 11 Persen, Bagaimana Dampaknya ke Perekonomia?

Outlet Pertashop menawarkan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraannya tanpa harus berkendara jauh ke SPBU.

Pertamina sendiri menargetkan membangun 40.000 Pertashop hingga tahun 2024. Dari tahun 2020 hingga Juni 2021, Pertamina telah membangun Pertashop sebanyak 1609 outlet dan akan terus bertambah.

Pertashop adalah bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) dengan sasaran seluruh desa di Indonesia tersedia minimal satu outlet BBM dan LPG.

Keuntungan menjadi mitra Pertashop Pertamina

Secara umum, beberapa keuntungan jika menjadi mitra Pertashop Pertamina adalah sebagai berikut:

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Bikin Harga Minyak Mentah Indonesia Melejit

  • Kerja sama yang menguntungkan.
  • Modal usaha yang kecil.
  • Jaminan ketersediaan, takaran dan kualitas BBM.
  • Lahan yang diperlukan tidak terlalu luas.
  • Perizinan usaha yang sederhana.
  • Ketersediaan Bright Gas dan Pelumas Pertamina.

Adapun potensi keuntungan bisnis Pertashop Pertamina relatif bergantung pada angka penjualan BBM. Jika menjual BBM mencapai 450-600 liter per hari, maka pengusaha Pertashop harus memesan BBM kepada Pertamina rata-rata 14 kilo liter per bulannya.

Dengan demikian, omzet penjualannya bisa mencapai lebih dari Rp 150 juta-an per bulan.

Baca juga: Indonesia Langganan Impor Gandum dari Ukraina dan Rusia, Cek Datanya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.