Kompas.com - 04/03/2022, 05:55 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Ukraina mengupayakan berbagai sumber pendanaan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan militernya, yang saat ini tengah menahan agresi Rusia.

Teranyar, Ukraina menerbitkan surat utang perang atau war bonds.

Kementerian Keuangan Ukraina menyatakan, melalui penerbitan obligasi itu, pemerintah berhasil menggalang dana 8,1 miliar hryvinia atau setara sekitar 270 juta dollar AS.

“Hasil penggalangan dari obligasi perang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan militer Ukraina dan memastikan kebutuhan pembiayaan selama perang tidak terganggu,” tulis Kementerian Keuangan Ukraina, dikutip dari Wall Street Journal, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Indonesia Langganan Impor Gandum dari Ukraina dan Rusia, Cek Datanya

Surat utang diterbitkan dalam nominal 1.000 hryvinia atau setara 33 dollar AS, dengan tenor satu tahun dan imbal hasil 11 persen.

Obligasi tersebut diperdagangkan melalui dealer utama, yakni Citigroup Inc, Austria’s Raiffeisen Bank International AG and Budapest-based OTP Bank Nyrt.

Baca juga: Jokowi Wanti-wanti Potensi Kelangkaan Energi Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Ini Respons Pertamina

Selain obligasi perang, Ukraina juga mengeluarkan obligasi dengan tenor dua bulan yang memiliki imbal hasil 10 persen dan berhasil menggalang dana tambahan senilai sekitar 7 juta dollar AS.

Sebagian institusi finansial Ukraina tengah dibekukan pasca Rusia menginvasi negara tersebut. Akan tetapi, Ukraina masih mampu menggalang dana melalui penjualan obligasi.

Baca juga: Terimbas Perang Rusia-Ukraina, Harga Gandum Dunia Melonjak ke Level Tertinggi sejak 2008

Bank sentral Ukraina menghentikan sementara transaksi mata uang asing sejak 24 Februari lalu.

Sebagian infrastruktur finansial Ukraina masih tidak beroperasi, namun transasaksi pasar sekunder obligas perang masih dimungkinkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.