Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Persiapkan Dana Pensiun dengan Bijak

Kompas.com - 04/03/2022, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki masa depan yang cerah dan terjamin tentunya menjadi impian setiap orang. Pada umumnya, tujuan memiliki dana pensiun adalah untuk menjadi mandiri secara keuangan di masa tua.

COO & Co-founder Qoala Tommy Martin mengatakan, hilangnya sumber pendapatan tetap setiap bulan dan beberapa risiko yang dapat terjadi di masa tua nanti dapat diminimalisir dengan memiliki dana pensiun yang sudah disiapkan sedini mungkin.

“Mempersiapkan dana pensiun adalah salah satu kewajiban esensial. Mereka yang hanya memiliki pendapatan hanya dari satu sumber saja tentu harus lebih bijak dalam mengelola keuangan, termasuk mempersiapkan tabungan hari tua. Memiliki dana pensiun sama halnya dengan mempersiapkan dana darurat di hari tua” ujar Tommy melalui siaran pers, Selasa (2/3/2022).

Baca juga: Persiapkan Dana Pensiun, Berikut 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Tommy mengungkapkan, untuk mempersiapkan dana masa tua, maka Anda tidak harus menghabiskan banyak. Namun, jika dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan, Anda bisa menyisihkan sedikit dari penghasilan di masa kini.

Lalu, apa saja yang harus Ada siapkan untuk masa pensiun Anda?

1. Tentukan Masa Pensiun

Dengan menentukan kapan ingin pensiun menjadi patokan penting dalam memperhitungkan dana pensiun. Semua harus diperhitungkan dengan matang dan harus memiliki strategi keuangan khusus.

“Semakin dini dana pensiun dipersiapkan, semakin ringan pula usaha dalam mengumpulkan dana yang dibutuhkan,” kata Tommy.

Baca juga: Mengenal Dana Pensiun: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

2. Cari Tahu dan Hitung Kebutuhan di Masa Pensiun

Kebutuhan memang tidak bisa diprediksi tapi dapat diketahui dengan rancangan perhitungan di tiap kebutuhan. Layaknya kebutuhan harian atau bulanan di masa sekarang, kebutuhan di masa pensiun tentu tidak jauh berbeda.

Terdapat beberapa hal yang tetap Anda butuhkan seperti menabung, pengeluaran pokok rumah hingga membayar asuransi.

Saat menghitung biaya kebutuhan masa pensiun, Anda dapat mencoret beberapa kebutuhan yang tidak akan ada lagi di masa tua nanti, misalnya biaya transportasi ke kantor dan sebagainya.

Baca juga: Generasi Milenial, Siapkan Dana Pensiun Sejak Muda agar Tidak Merana di Masa Tua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com