Kenali Ciri-ciri Developer Bodong agar Tidak Tertipu Saat Beli Rumah

Kompas.com - 04/03/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat saat ingin membeli hunian atau rumah pertama agar tidak terjebak oleh developer bodong.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan, masyarakat harus jeli membedakan developer bodong supaya tidak ditipu saat membeli rumah. Pasalnya, aksi developer bodong biasanya dilakukan berulang-ulang.

Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk aktif menanyakan informasi sebelum membeli sebuah hunian, terutama terkait legalitas tanah, bangunan, dan identitas developer.

"Semakin banyak informasi yang ditanyakan semakin baik karena itu hak konsumen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Ini Daftar Harga BBM Pertamina yang Naik di Sejumlah Daerah

Dia pun mengungkapkan ciri-ciri developer bodong yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang ingin membeli rumah. Ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Tidak dapat membuktikan kepemilikan tanah

Developer bodong biasanya melakukan aksinya secara berulang. Lahan atau rumah yang dijual biasanya terletak di lokasi yang sama.

Namun lahan tersebut tidak digunakan untuk melakukan pembangunan seperti yang sudah dijanjikan ke konsumen.

"Mereka bangun di satu lokasi kemudian tidak dibangun, karena uang hasil uang muka untuk beli lahan lagi, begitu seterusnya," kata dia.

Oleh karenanya, konsumen perlu memastikan legalitas tanah yang akan digunakan untuk membangun hunian tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.