Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presidensi G20, Kominfo Akan Tunjukkan Potensi Ekonomi Digital RI

Kompas.com - 04/03/2022, 16:44 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku pengampu G20 Digital Economy Working Group (DEWG) akan hadirkan Digital Transformation Expo (DTE).

"Indonesia merupakan negara dengan potensi ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara. Melalui berbagai survei, potensi ekonomi digital di Indonesia saat ini sekitar 70 miliar dollar US, pada tahun 2025 bisa jadi 146 miliar dollar US, dan tahun 2030 mencapai 216 miliar dollar US," beber Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo/Chair Digital Economy Working Group G20 2022, Mira Tayyiba, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: RI Tuan Rumah Presidensi G20, Kominfo akan Hadirkan Digital Transformation Expo (DTE)

Mira mengatakan, melalui Digital Transformation Expo (DTE), diharapkan kepala negara dari anggota G20 dapat tertarik untuk menjadikan Indonesia target investasi mereka.

Namun demikian, pihaknya tidak hanya akan menunjukkan Indonesia sebagai sebuah potensi yang besar. Ia mengaku akan mengambil ilmu juga tentang pengaplikasian teknologi di negara-negara G20.

"Ini kesepakatan dua arah, selain kita menawarkan, kita juga belajar dari penerapan kebijakan di luar sana sebagai feedback bagi penyelenggaraan kita. Teknologi yang terus berubah juga kita harus dikaji. Apakah sebuah kebijakan masih dapat berjalan atau tidak," kata Mira.

Baca juga: G20 dan Upaya Pemerintah Dorong Energi Hijau Lewat Kendaraan Listrik

Ia menambahkan, Kominfo sebagai pengampu G20 Digital Economy Working Group (DEWG) tidak hanya berfokus ke dalam, tetapi juga ke luar.

Sebagai informasi, DTE merupakan ajang showcase inovasi, teknologi, dan kesiapan ekosistem digital Indonesia yang berkembang di berbagai sektor.

Nantinya, DTE akan menggunakan teknologi metaverse untuk memvisualisasikan perjalanan digital Indonesia.

Menurut rencana, DTE akan mengusung empat pokok gagasan. Ibarat bangunan, DTE memiliki kerangka fondasi dengan tiga pilar. Fondasinya berupa infrastruktur digital. Sementara tiga pilarnya adalah ekonomi digital, masyarakat digital, dan pemerintah digital.

Baca juga: Manfaat Presidensi G20 bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com