Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sudah Punya BPJS, Pentingkah Memiliki Asuransi Lainnya?

Kompas.com - 04/03/2022, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Di tengah ketidakpastian hidup akibat pandemi, memiliki asuransi merupakan sebuah keharusan. Asuransi dapat diklasifikasikan sebagai dana darurat untuk mendukung fondasi keuangan yang sehat.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga tahun 2020, penetrasi industri asuransi di Indonesia masih di bawah 4 persen. Angka ini jelas jauh dari angka kepemilikan asuransi di negara lain.

Bahkan, untuk produk asuransi jiwa, angkanya semakin kecil, yaitu hanya 1,1 persen. Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan pada masa pandemi Covid-19 yang memicu resesi perekonomian.

Pentingnya memiliki asuransi diperbincangkan oleh Adit bersama Dion Rafael, seorang Insurance Advisor, dalam siniar Cuan bertajuk “Siapa Takut Punya Asuransi?”. Di sana, Dion menjelaskan pentingnya menggunakan asuransi.

Dengarkan perbincangan lebih lengkapnya melalui tautan https://dik.si/cuan_dion.

Sebagai seorang insurance advisor, Dion terbiasa membantu orang yang mau memiliki asuransi tetapi kurang paham apa yang dibutuhkan.

Padahal, hal ini penting dilakukan untuk menjaga diri sendiri dari risiko kerugian, baik materi dan fisik, yang dapat datang kapan saja.

Pentingkah Memiliki Asuransi Selain BPJS?

Biasanya, saat berniat untuk memiliki asuransi, hal pertama yang terpikirkan pasti besaran biaya pembayaran. Ini terjadi karena adanya anggapan bahwa asuransi hanya dipunyai oleh orang yang mapan secara ekonomi.

Padahal, menurut Dion, berapa pun gaji kita, asuransi tetap penting untuk dimiliki. Dalam pengelolaan keuangan, porsi untuk asuransi itu 20 persen dari total pendapatan. Selain itu, asuransi biasanya akan dibayarkan per bulan.

Baca juga: Butuh Perlindungan Diri? Ini 5 Tips Memilih Asuransi Jiwa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.