Kompas.com - 04/03/2022, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Shell Indonesia membuka 30 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) baru sepanjang 2021. Hingga akhir Desember 2021, Shell memiliki 167 SPBU yang tersebar di Indonesia atau naik 22 persen dibandingkan tahun 2020.

Deputy Director dan Vice President Network Shell Mobility Indonesia Ingrid Siburian mengatakan, pengembangan jaringan SPBU Shell dilakukan untuk memperluas akses masyarakat terhadap bahan bakar. Selain itu, sebagai upaya perusahaan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan komunitas di sekitar wilayah operasi Shell.

"Hal ini sejalan dengan strategi powering progress Shell yang diluncurkan diawal tahun lalu. Di tahun 2021, kami menghadirkan SPBU Shell dibeberapa wilayah baru seperti di Blitar, Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Atasi Lonjakan Harga Daging Sapi, Komisi VI DPR Minta Pemerintah Setop Impor

Ia menjelaskan, dari total 30 SPBU Shell yang dibangun di tahun 2021, sebanyak 7 di antaranya merupakan hasil dari program kemitraan dealer SPBU Shell. Program ini memberikan kesempatan kepada para pengusaha dan investor untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU Shell.

Pada tahun ini, kata Ingrid, Shell pun akan terus aktif memperluas bisnis SPBU di berbagai daerah di Indonesia dengan menggandeng mitra pengusaha. Hingga saat ini jumlah SPBU Shell yang dimiliki oleh mitra pengusaha melalui Program Kemitraan Dealer mencapai 23 SPBU.

Head of Dealer-Owned Network Shell Indonesia Agung Saputra menambahkan, pihaknya mengajak para pengusaha lokal untuk terlibat dalam bisnis SPBU bermitra dengan Shell. Menurutnya, ini menjadi upaya bersama untuk menggerakkan roda perekonomian daerah dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional.

"Melalui program kemitraan dealer, Shell siap memberikan beragam dukungan kepada mitra bisnis kami untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU Shell serta bertumbuh bersama," kata dia.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Kota Depok Bulan Maret 2022

Selain SPBU konvensional, Shell juga terus mengembangkan SPBU modular dengan nilai investasi yang lebih terjangkau. Lewat SPBU Shell modular, perseroan menggandeng para pengusaha daerah yang tertarik untuk bermitra dengan Shell.

Hingga saat ini model SPBU yang khusus dirancang untuk pasar kota lapis kedua ini telah mencapai 7 SPBU yang tersebar di Jombang (Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat), Syeh Quro (Karawang), Pasir Angin (Bogor), Serang Barat (Banten), Cilegon (Banten) dan Blitar (Jawa Timur).

Dalam program kemitraan dealer SPBU Shell, mitra dealer memiliki kesempatan untuk membangun beragam bisnis non-fuel retail (NFR) seperti convenience store, kedai kopi, restoran, bengkel, hingga ATM center.

Bisnis NFR itu akan berkontribusi mendatangkan tambahan pemasukan bagi mitra dealer diluar penjualan BBM. Selain itu, tidak ada biaya royalti maupun biaya tambahan yang dikenakan atas keuntungan penjualan bisnis NFR milik mitra dealer Shell.

Adapun saat ini area pengembangan bisnis SPBU Shell di Indonesia mencakup DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Ini Penyebab Jumlah PNS Semakin Menurun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.