Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Wujudkan Kedaulatan Digital, Telkomgroup Siap Dukung IKN Nusantara Menjadi Smart City

Kompas.com - 05/03/2022, 19:47 WIB
Dwi NH,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara konsisten terus berupaya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia, mulai dari kota besar hingga wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

Adapun upaya tersebut direalisasikan Telkom lewat dukungan penuh dalam menyediakan infrastruktur dan layanan digital di ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini ingin mendukung IKN Nusantara menjadi smart city yang modern. Adapun upaya tersebut akan difokuskan pada penyediaan konektivitas dan platform hingga beragam layanan digital.

Direktur Utama (Dirut) Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa akan ada berbagai peluang dan tantangan yang harus dihadapi. Namun, mendorong transformasi digital di IKN Nusantara menjadi tugas besar sekaligus kebanggaan bagi TelkomGroup dapat turut serta mendukung digitalisasi smart city di IKN Nusantara.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat meninjau kesiapan infrastruktur layanan TelkomGroup di IKN Nusantara didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, Selasa (2/3/2022).

Baca juga: Telkom Bangun Infrastruktur Jaringan 5G di IKN Nusantara

“Sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan transformasi digital sangatlah penting,” imbuhnya menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur untuk mendorong digitalisasi IKN Nusantara menjadi smart city. Rencana tersebut mencakup tiga domain bisnis digital Telkom, yaitu connectivity, platform, dan services.

Pembangunan, kata Ririek, akan dilakukan melalui sinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Broadband, Telkom Ikut Bangun Kabel Laut dari Asia Tenggara hingga Eropa

“Saat ini, cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku tercatat telah memiliki 173 optical distribution point (ODP). Hal ini diklaim sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut,” ucapnya.

Ditambah, sebut Ririek, kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) Manado-Dumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung yang disiapkan melalui gateway Batam dan Manado.

Sementara itu, layanan mobile di wilayah IKN Nusantara juga akan terus dimaksimalkan oleh Telkomsel. Layanan ini termasuk untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan fourth-generation (4G) dan fifth generation (5G).

Selain menyediakan layanan konektivitas terbaik, TelkomGroup juga akan menghadirkan solusi digital terbaik melalui pembangunan intelligent data center dengan smart and intelligent network security.

Baca juga: PON XX Papua Dimulai Besok, Telkom Optimistis Berikan Layanan Digital Terbaik

Tujuan pembangunan tersebut untuk mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan layanan digital terbaik dan tingkat keamanan siber yang tinggi.

“Untuk memastikan realisasi seluruh rencana pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dapat optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan, TelkomGroup akan berkolaborasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta lembaga atau instansi terkait,” imbuh Ririek.

Ia berharap, upaya dan semangat kolaborasi semua pihak dapat mendorong digitalisasi. Dengan begitu, hadirnya IKN Nusantara sebagai smart city nanti dapat menjadi wajah baru untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com