KILAS

Wujudkan Kedaulatan Digital, Telkomgroup Siap Dukung IKN Nusantara Menjadi Smart City

Kompas.com - 05/03/2022, 19:47 WIB

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara konsisten terus berupaya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia, mulai dari kota besar hingga wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

Adapun upaya tersebut direalisasikan Telkom lewat dukungan penuh dalam menyediakan infrastruktur dan layanan digital di ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini ingin mendukung IKN Nusantara menjadi smart city yang modern. Adapun upaya tersebut akan difokuskan pada penyediaan konektivitas dan platform hingga beragam layanan digital.

Direktur Utama (Dirut) Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa akan ada berbagai peluang dan tantangan yang harus dihadapi. Namun, mendorong transformasi digital di IKN Nusantara menjadi tugas besar sekaligus kebanggaan bagi TelkomGroup dapat turut serta mendukung digitalisasi smart city di IKN Nusantara.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat meninjau kesiapan infrastruktur layanan TelkomGroup di IKN Nusantara didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, Selasa (2/3/2022).

Baca juga: Telkom Bangun Infrastruktur Jaringan 5G di IKN Nusantara

“Sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan transformasi digital sangatlah penting,” imbuhnya menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur untuk mendorong digitalisasi IKN Nusantara menjadi smart city. Rencana tersebut mencakup tiga domain bisnis digital Telkom, yaitu connectivity, platform, dan services.

Pembangunan, kata Ririek, akan dilakukan melalui sinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Broadband, Telkom Ikut Bangun Kabel Laut dari Asia Tenggara hingga Eropa

“Saat ini, cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku tercatat telah memiliki 173 optical distribution point (ODP). Hal ini diklaim sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut,” ucapnya.

Ditambah, sebut Ririek, kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) Manado-Dumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung yang disiapkan melalui gateway Batam dan Manado.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.