Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Buka Usaha SPBU Pertamina? Simak Prosedur dan Syaratnya

Kompas.com - Diperbarui 19/07/2022, 19:56 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis SPBU Pertamina bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang memiliki modal besar. Terlebih keberadaan SPBU Pertamina masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan bermotor.

Diketahui, SPBU adalah singkatan dari stasiun pengisian bahan bakar umum. Adapun definisi SPBU adalah lembaga penyalur yang dibangun di atas sebidang tanah dan memiliki fasilitas SPBU dengan rancangan, desain, dan spesifikasi teknis yang telah disetujui oleh Pertamina.

SPBU Pertamina digunakan untuk menyalurkan dan memasarkan BBM atau produk lain dengan menggunakan merek dagang Pertamina. SPBU Pertamina juga dapat digunakan untuk pengelolaan bisnis NFR (Non Fuel Retail).

Meski jumlahnya semakin banyak, peluang bisnis SPBU Pertamina masih memiliki potensi besar. Hal ini mengingat volume kendaraan selalu bertambah setiap tahunnya. Sehingga, SPBU selalu dicari oleh banyak orang.

Baca juga: BRI Group Luncurkan Aplikasi Trading BRIGHTS, Apa Keunggulannya?

Menjalankan bisnis SPBU sebagai mitra Pertamina juga memiliki banyak keuntungan, terutama dari sisi finansial. Apalagi pangsa pasar SPBU Pertamina terus berkembang setiap harinya.

Skema kerja sama SPBU Pertamina

Bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis pom bensin SPBU, PT Pertamina (Persero) menyediakan dua bentuk kerja sama untuk pembukaan SPBU.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, bentuk kerja sama yang ditawarkan ada dua yaitu Company Owned Dealer Operated (CODO) dan Dealer Owned Dealer Operated (DODO).

SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan pihak-pihak tertentu.

Antara lain kerja sama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk dibangun SPBU Pertamina.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Permintaan dan Penawaran?

Sedangkan SPBU DODO merupakan SPBU bentuk kerja sama di mana lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra.

Prosedur dan syarat buka usaha SPBU Pertamina terbaru Dok. Pertamina Prosedur dan syarat buka usaha SPBU Pertamina terbaru

Prosedur dan syarat menjadi mitra Pertamina SPBU

Dikutip dari laman www.pertaminafuels.com, untuk melakukan pendaftaran SPBU Pertamina, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Mulai dari dokumen yang dibutuhkan, lokasi, hingga sarana dan prasarana sesuai standar Pertamina.

1. Dokumen perizinan yang diperlukan

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan sebelum mengajukan pendaftaran SPBU Pertamina. Mulai dari fotocopy KTP pemilik. Surat akta pendirian perusahaan, fotocopy IMB, surat izin gangguan, hingga surat peruntukkan dan penggunaan tanah.

Pastikan bahwa Anda memberikan semua dokumennya dengan jujur dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jika semua dokumen sudah siap, selanjutnya Anda perlu menyiapkan desain bentuk SPBU Pertamina yang akan dibangun. Anda juga harus menyiapkan peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas inventaris, data kapasitas penyaluran BBM serta kapasitas penyimpanannya.

Baca juga: Pahami Sistem Penagihan dan Denda Telat Bayar Shopee Paylater

2. Memilih lokasi usaha SPBU Pertamina

Saat memilih lokasi usaha untuk membuka SPBU Pertamina, Anda bisa memilihnya secara langsung melalui website. Namun, sebelumnya Anda perlu melakukan survei lapangan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih lokasi yang tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com