Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perbedaan CEO, COO, CFO, CTO, dan CMO di Perusahaan

Kompas.com - Diperbarui 17/09/2023, 10:42 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comCEO adalah pemegang kuasa tertinggi dalam sebuah perusahaan dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnis. Dalam menjalankan tugasnya, CEO biasanya dibantu oleh pimpinan lain seperti COO, CFO, CTO dan CMO.

Apa itu CEO?

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Dikutip dari Investopedia, definisi dari CEO adalah jabatan eksekutif tertinggi di sebuah perusahaan.

Di Indonesia, CEO adalah kerap kali disamakan dengan jabatan direktur utama atau presiden direktur. Sebagai nahkoda perusahaan, CEO memikul tanggung jawab terhadap jalannya perusahaan secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, CEO adalah wajah bagi perusahaan yang mengomunikasikan visi perusahaan kepada publik atau pemerintah.

Baca juga: Apa Itu Teori Keunggulan Mutlak dalam Perdagangan Internasional

CEO adalah jabatan yang langsung dipilih oleh pemegang saham. Meski dalam beberapa kasus, pemilik perusahaan seringkali juga merangkap sebagai CEO.

Secara umum, tanggung jawab utama CEO adalah membuat keputusan besar bagi perusahaan. Tugas lain dari CEO adalah mengelola keseluruhan operasi dan sumber daya perusahaan.

Selain itu, fungsi CEO adalah bertindak sebagai titik komunikasi utama antara dewan direksi dan operasi perusahaan. Karenanya, posisi CEO adalah dijabat oleh orang yang benar-benar mumpuni dalam mengelola perusahaan.

Peran CEO perusahaan yang satu dengan perusahaan lain biasanya berbeda. Perbedaan tersebut dilihat dari besar kecilnya perusahaan, budaya, dan struktur perusahaan.

Baca juga: Kala Para Pejabat Tinggi Negara Bingung Kenapa Minyak Goreng Menghilang di Pasar...

Di perusahaan besar, peran CEO adalah biasanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan keputusan yang mengarahkan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, merencanakan strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen tingkat atas.

Sedangkan di perusahaan yang lebih kecil, peran CEO adalah sering kali lebih aktif dan terlibat dengan fungsi sehari-hari. Misalnya, terlibat dalam perekrutan staff atau ikut membantu dalam proyek bisnis kecil.

CEO adalah jabatan eksekutif tertinggi di sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnisFreepik CEO adalah jabatan eksekutif tertinggi di sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnis

Perbedaan CEO, COO, CFO, CTO dan CMO

Berikut ini adalah pengertian dan perbedaan antara CEO, COO, CFO, CTO dan CMO secara ringkas.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa CEO adalah jabatan atau posisi tertinggi di perusahaan. CEO adalah berperan sebagai pemimpin perusahaan, pengambil keputusan, serta pengelola keseluruhan.

Baca juga: Apa Perbedaan Pekerja Migran Indonesia dan TKI?

Chief Operating Officer (COO)

Jabatan lainnya, Chief Operating Officer atau COO adalah pimpinan yang bertanggungjawab pada pembuatan keputusan administrasi dan operasional perusahaan. COO biasanya melapor langsung ke CEO.

COO dianggap sebagai orang kedua dalam rantai komando setelah CEO. Karena itu, di beberapa perusahaan, posisi COO adalah disebut sebagai excecutive vice president atau direktur operasional.

Tugas utama COO adalah berfokus pada pelaksanaan rencana bisnis perusahaan, sesuai dengan model bisnis yang telah ditetapkan. Sedangkan CEO adalah lebih mementingkan tujuan jangka panjang dan pandangan perusahaan yang lebih luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com