Kompas.com - 08/03/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan biasanya meningkat jelang Lebaran. Hal itu lantaran masyarakat biasanya mempersiapkan diri untuk mudik Lebaran.

Masyarakat yang ingin membeli kendaraan jelang Lebaran bisa saja menggunakan jasa pembiayaan. Opsi ini akan membuat tujuan memiliki kendaraan terwujud, tapi dengan perhitungan keuangan yang lebih ringan.

Jasa perusahaan pembiayaan atau multifinance umumnya telah banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, tak semua masyarakat telah mengerti apa itu perusahaan multifinance dan jenis-jenisnya.

Mengenal perusahaan multifinance akan membuat masyarakat jeli dan dapat menentukan pembiayaan mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Fakta Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Dibangun Juni 2022, Dilengkapi Jalur Sepeda

Dikutip dari muf.co.id, multifinance adalah lembaga fianansial yang menjual jasa di bidang peminjaman sejumlah dana kepada pelanggan agar dapat membeli barang atau jasa lainnya.

Menurut peraturan OJK No.29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, multifinance disebut sebagai badan usaha yang menjual produk pembiayaan dengan tujuan pengadaan barang.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan, perusahaan multifinance berbeda dengan bank. Perbedaan antara finance dalam hal ini bank dan multifinance pertama-tama adalah pada cara keduanya memberikan modal atau dana.

Bank dapat memberikan modal dalam bentuk tunai. Sementara, perusahaan multifinance biasanya akan memberikan uang langsung kepada pihak penjual. Nantinya penjual yang akan memberikan produk atau jasanya ke pelanggan.

Dengan demikian, pelanggan selanjutnya meneruskan kegiatan utang piutang langsung dengan perusahaan tersebut.

Baca juga: Lelang Rumah Murah di Bogor, Mulai dari Rp 67 Jutaan

Kemudian, bank memiliki kemampuan untuk menarik dana melalui simpanan dan tabungan milik nasabah. Sementara perusahaan multifinance hanya boleh menarik dana dari pinjaman saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.