Lippo Group Pastikan Seluruh Lini Bisnisnya Menerapkan Prinsip ESG

Kompas.com - 08/03/2022, 15:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penerapan prinsip environmental social governance atau ESG dinilai memberikan suatu nilai tambah dan solusi bagi kehidupan dan tidak sekadar orientasi profit.

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan, Lippo Group berkomitmen menerapkan prinsip ESG, melalui Stakeholder Capitalisme Metric atau SCM yang digagas World Economic Forum (WEF).

SCM merupakan serangkaian ketentuan dan penilaian terhadap dunia usaha yang berupaya menerapkan prinsip ESG. ESG sendiri merupakan inisiatif dari kalangan privat merespon desakan untuk menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga: Lippo Group: Tidak Satu Sen Pun Kami Terima Dana BLBI

Selanjutnya, spectrum ESG yang sangat luas dan beragam dalam penilaiannya, maka forum pertemuan perusahaan global yang dihelat bersamaan dengan pertemuan G20 pada Januari lalu, digagas SCM yang memantik adanya kaidah kuantitatif dan berlaku universal.

“Di sinilah kami berani dengan komitmen tersebut. Lebih penting lagi, proses penerapan SCM untuk mencapai visi ESG itu, adalah proses berkesinambungan, yang secara terus menerus harus dilakukan,” ungkap Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady melalui siaran pers, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Soal Refund Hunian Meikarta, Ini Jawaban Lippo Group

John mengungkapkan muara dari penerapan ESG sangat berbeda dengan konsep CSR (corporate social responsibility) yang selama ini dikenal. Perbedaan mencolok, terletak mulai dari tujuan dan pelaksanaan prinsip.

“Kalau CSR, antara usaha dan upaya memberikan kontribusi bisa tak sejalan. Operasi usaha di mana, memberikan bantuannya di mana. Kalau ESG ini penerapan sejak dari awal proses bisnis, hingga keseluruhan operasi yang dilihat adalah nilai tambah bagi lingkungan hidup, sosial, serta kesinambungan perusahaan," jelas John.

Baca juga: XL Axiata Caplok Saham Link Net Senilai Rp 8,72 T, Bos Grup Lippo: Sejalan dengan Rencana Bisnis

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.