Dirjen Pajak: Pelaporan SPT Tahunan Masih Cukup Jauh dari Harapan

Kompas.com - 08/03/2022, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, sampai dengan 7 Maret 2022 sebanyak 4,6 Juta wajib pajak sudah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) baik wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4,5 juta wajib pajak orang pribadi telah melaporkan SPT tahunan dan 147.000 SPT wajib pajak badan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo mengungkapkan pelaporan SPT ini masih cukup jauh dari target yang ditentukan yakni 15,2 Juta.

“Kami melaporkan sampai 7 Maret SPT yang telah disampaikan 4,6 juta SPT. Lebih dari 4,5 juta Wajib Pajak Pribadi dan 147.000 SPT badan, ini batasnya sampai akhir April. Ini masih cukup jauh dari harapan,” ujar Suryo Utomo dalam acara Pelaporan Pajak SPT Tahunan yang digelar secara hybrid, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Bank Dunia Sepakat Beri Pinjaman dan Hibah Rp 10,4 Triliun untuk Ukraina

Suryo berharap masyarakat dapat menyampaikan SPT nya dengan tepat waktu, dimana batas akhir penyampaian SPT tahunan secara pribadi adalah Maret 2022 dan untuk wajib pajak Badan pada akhir April 2022.

“Secara simbolis kita lakukan pelaporan SPT memberikan dorongan paling tidak pada jajaran di Kementerian Lembaga dan Masyarakat secara umum. Kita dan masyarakat harus melaporkan SPT 2022,” katanya.

Sebagai informasi, dalam acara ini turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu juga turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kapolri Listyo Sigot Prabowo. (Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: Heboh Brand Indonesia Klaim Ikut Paris Fashion Week, Ini Kata Sandiaga Uno

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Dirjen Pajak Sebut Hingga Kini Jumlah Pelaporan SPT Pajak Masih Jauh dari Target

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.