Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Iskandar Simorangkir, Kandidat Calon Ketua DK OJK Periode 2022-2027

Kompas.com - 08/03/2022, 16:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Iskandar Simorangkir jadi salah satu kandidat calon ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2022-2027.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Dewan Komisioner OJK, yang juga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengumumkan tiga nama calon ketua DK OJK yang lolos seleksi tahap keempat kepada Presiden Joko Widodo pada Senin, (7/3/2022).

"Nama-namanya adalah adalah, untuk calon Ketua DK OJK dan merangkap anggota, yakni Mahendra Siregar, Darwin Cyril Noerhadi, dan Iskandar Simorangkir," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Daftar 21 Nama Calon Anggota Dewan Komisioner OJK yang Diserahkan ke Jokowi

Sri Mulyani mengatakan, ketiga nama ini termasuk dalam 21 calon yang lolos empat tahap seleksi. Berkas nama-nama calon anggota Dewan Komisoner OJK telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo ke Istana Bogor.

"Sesuai Pasal 12 Undang-undang OJK, Presiden akan memilih dan menyampaikan 14 calon anggota Dewan Komisioner OJK kepada DPR. Masing-masing dua calon untuk setiap jabatan yang kemudian akan dilakukan proses pemilihan oleh DPR,” jelas Sri Mulyani.

Iskandar Simorangkir sendiri pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2017.

Saat itu dia dilantik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) yang saat itu dijabat oleh Darmin Nasution.

Baca juga: Bekerja 1,5 Bulan, Pansel Selesaikan Seleksi Calon Pimpinan OJK

Ia juga sempat menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia pada 2014, Kepada Departemen Bank Indonesia periode 2013-2014, hingga Kepala Biro/Grup Riset Ekonomi Bank Indonesia periode 2008-2012

Dalam pendidikan, tercatat ia menempuh pendidikan sarjana pada jurusan Manajemen di Universitas Udayana, Bali. ia melanjutkan pendidikan magister pada jurusan Ekomomi Pembangunan di Vanderbilt University USA.

Tak sampai di situ, pria kelahiran Binjai, 4 Januari 1963 tersebut melanjutkan pendidikan doktoral pada jurusan Ekonomi di Universitas Indonesia.

Sedangkan pada pendidikan informalnya, Iskandar aktif mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI).

Ia pernah ikut Pendidikan Calon Pegawai Muda BI (1987-1988), pembekalan pengetahuan pada 2005 hingga sekolah staf dan pimpinan BI (SESPIBI) pada 2008.

Setelah mendapatkan pendidikan dari BI, Iskandar mengabdikan dirinya sebagai pegawai Bank Indonesia selama 30 tahun dan mendapatkan penghargaan tingkat nasional untuk Tim Pemantauan dan Pengendalian inflasi daerah pada 2016.

Iskandar juga diketahui masih menjadi dosen pembimbing S3 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 2018.

Baca juga: 33 Calon Anggota Dewan Komisioner OJK Lolos Seleksi Tahap II, Ada Nama Wamenlu hingga Bos BEI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com