Lupa EFIN Pajak untuk Login DJP Online? Ini 4 Solusi Cek EFIN Online

Kompas.com - 09/03/2022, 14:44 WIB


KOMPAS.com – Informasi seputar cek EFIN online banyak dicari pembaca, khususnya bagi yang tak sengaja lupa EFIN pajak yang dapat digunakan untuk login DJP online (lupa password EFIN).

EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number. EFIN diperlukan untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara online.

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan EFIN Tanpa ke Kantor Pajak untuk Lapor SPT

EFIN berlaku seumur hidup dan dapat digunakan oleh wajib pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP online.

Bagi wajib pajak yang sudah terdaftar, EFIN juga diperlukan untuk melakukan reset password maupun e-mail di situs aplikasi DJP online saat akan melaporkan SPT maupun layanan pajak lainnya.

Sederet kegunaan EFIN tersebut akan sia-sia jika pengguna lupa EFIN. Praktis, login DJP online tidak bisa dilakukan karena lupa EFIN pajak yang terjadi.

Cek nomor EFIN dimana? Bagaimana jika nomor EFIN lupa? Apa yang harus dilakukan jika lupa EFIN? Bagaimana cara mengetahui password EFIN? Nomor EFIN bisa dilihat dimana?

Pertanyaan semacam itu kerap mencuat di kalangan pembaca. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca dengan memberikan solusi mudah untuk cek EFIN online.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online Lewat HP, Klik ereg.pajak.go.id

Dikutip dari laman resmi pajak.go.id, terdapat sejumlah cara yang bisa ditempuh jika lupa EFIN pajak atau lupa password EFIN.

1. Telepon nomor resmi KPP jika lupa EFIN

Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN melalui nomor telepon resmi KPP. Nomor telepon resmi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda terdaftar dapat dilihat pada link www.pajak.go.id/unit-kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.