5 Instansi Ini Paling Banyak Diadukan Masyarakat ke Ombudsman Selama 2021, Apa Saja?

Kompas.com - 09/03/2022, 15:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Ombudsman Republik Indonesia (RI) Yeka Hendra Fatika mengungkapkan, sepanjang tahun 2021 terdapat lima instansi yang paling banyak diadukan oleh masyarakat kepada pihaknya. Dari kelima lembaga itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang paling banyak diadukan.

Hal tersebut ia sampaikan langsung dalam acara Hasil Pengawasan Pelayanan Publik di Sektor Ekonomi Tahun 2021 dan Penyelematan Kerugian Masyarakat, Rabu (9/3/2022).

"Ini 5 instansi yang paling banyak diadukan masyarakat, yang pertama adalah OJK. Oleh karena itu, kawan yang hadir dari OJK bisa disampaikan kepada atasannya, tolong diperhatikan bahwa jumlah kasus OJK yang mengadu ke Ombudsman ini banyak," katanya ditayangkan secara virtual.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Jenis-jenis Investasi yang Diawasi OJK

Malah kata Yeka, pengaduan masyarakat terkait OJK tiap tahun terus bertambah. Tahun 2021, laporan ke Ombudsman RI mengenai OJK bisa mencapai 100 aduan.

"Semakin tahun itu, tren (aduannya) semakin banyak dan satu laporan itu ada di 2021 sampai 100 orang di dalamnya. Jadi satu laporan itu tidak hanya satu di keuangan itu, bahkan bisa lebih. Karena ada yang dikuasakan," sebutnya.

Adapun 4 instansi/lembaga lainnya yang paling banyak diadukan masyarakat selama 2021 adalah BKPM/Kementerian Investasi, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Jiwasraya, masing-masing terdapat 3 aduan.

Kemudian yang terakhir adalah Bank Mandiri dengan 2 aduan dari masyarakat.

"Saya berharap tahun depan, struktur ini bisa berubah, jumlahnya lebih sedikit karena kita bisa lebih banyak menyelesaikan laporan secara efektif dan efisien," harap Yeka.

Sementara itu, Yeka kembali mengungkapkan, penyelesaian satu kasus aduan dari masyarakat bisa memakan waktu hingga 130 hari. Namun, tergantung kerumitan dari kasus yang dimediasi oleh Ombudsman.

Baca juga: OJK Larang Bank Jual Unit Link dari Asuransi yang Masih Bermasalah

"Jangka waktu rata-rata penyelesaian pengaduan, bagaimana kita menyelesaikan laporan aduan? Laporan aduan itu untuk kasus contoh Jiwasraya, bisa sampai 130 hari satu kasus itu," ucapnya.

Kunci dari penyelesaian suatu laporan menurut dia, tak lain adalah koordinasi dan komunikasi.

"Harapan kami, dengan adanya seperti ini waktu kita bisa lebih cepat. Selama ini kami menyelesaikan laporan aduan masyarakat itu, ternyata yang mahal adalah koordinasi dan komunikasi," harapnya kembali.

Baca juga: Dari Wamenlu hingga Mantan Dirut Bursa Efek, Ini Daftar Calon Bos OJK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.